Review

Review iPhone X: Bezel Tipis yang Memberi Kemewahan

iPhone X adalah produk smartphone terbaru yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus untuk merayakan ulang tahun kesepuluh Apple. Bagian depan iPhone X atau biasa disebut iPhone Ten dirancang dengan layar penuh dan bezel tipis tanpa tombol home, sehingga iPhone X desainnya terlihat sangat mewah saat dipegang oleh pemiliknya. Berikut review selengkapnya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi iPhone X
– Kelebihan dan kekurangan iPhone X

Tampilan
Selama bertahun-tahun Apple mendesain iPhone dengan tampilan yang sama. Hingga akhirnya iPhone X hadir dengan tampilan baru yang berbeda dari sebelumnya. Dikutip dari Okezone.com, layar smartphone ini dilengkapi dengan layar OLED Super Retina HD yang memiliki ukuran 5,8 inci dengan resolusi 1125 x 2436 piksel dengan kerapatan piksel hingga 458 ppi. sehingga layar iPhone X dapat mengeluarkan warna yang lebih jelas dan tajam. Layar iPhone X lebih besar dibandingkan iPhone 7 yang hanya berukuran 4,7 inch.

iPhone X hadir dengan tampilan layar glass edge-to-edge dengan material yang paling kuat dan tidak mudah pecah. Bahan kaca pada iPhone X bukanlah yang pertama kali digunakan pada produk iPhone. iPhone 4 sebelumnya juga hadir dengan material kaca di bagian depan dan belakang, dengan stainless steel di bagian tengahnya. Sedangkan untuk tombol fisik dan port, masih bertahan dengan desain lama. Tombol power di sisi kanan dengan ukuran lebih panjang. Tombol volume dan mute switch di sisi kiri. Jack audio yang biasa berdampingan dengan port lighting di bagian bawah, kini dihilangkan. Jika Anda ingin mendengarkan musik melalui kabel earphone, cukup gunakan adaptor lightning to 3,5 mm.

Kamera
iPhone X hadir dengan kamera 12MP ganda (wide + tele). Lensa lebar dengan bukaan f/1.8 dan lensa tele dengan bukaan f/2.4. Dengan posisi vertikal, lensa kamera iPhone dilapisi dengan kaca safir yang dapat melindungi dari goresan. Sensor kamera yang digunakan adalah Sony Exmor. Hasil kamera iPhone X masih belum berubah dari pendahulunya. Foto jepretan hampir selalu natural dengan warna yang tepat. Ada satu fitur kamera yang harus dicoba adalah portrait lighting, yang membuat efek bokeh dengan beragam cahaya. Efek potrait lighting dapat diterapkan sebelum atau setelah memotret.

Di bagian atas layar ada kamera depan dengan resolusi 7 MP dan kamera inframerah (Face ID) di sebelahnya yang berfungsi sebagai modul keamanan yang sangat canggih karena memungkinkan pengguna membuka kunci layar menggunakan ekspresi wajah. iPhone X juga memiliki fitur untuk membuat animasi atau emoji yang mengikuti ekspresi wajah pengguna.

Dari sektor video, iPhone X sangat andal, baik ketika membuat vlog atau hanya dokumentasi. Perekam video pada iPhone X mampu menghasilkan video 4K 60 fps dan slow motion Full HD 240 fps. Semua bidikan foto akan disimpan dalam format HEIF dan video akan disimpan dalam format HEVC (H.265). Kedua format ini diyakini mampu menghasilkan foto atau video dengan tingkat kompresi tinggi. Sebagai perbandingan, untuk gambar format JPG 3 MB dapat disimpan dalam format HEIF 1,4 MB, ini berarti hampir setengahnya.

Dapur Pacu
Sistem operasi yang digunakan iPhone X adalah iOS 11, dengan asisten suara Siri versi terbaru. Fitur “Do Not Disturb While Driving” juga hadir di OS ini. Smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Hexa-core 64-bit dengan chipset terbaru Apple A11 Bionic. Prosesor ini dikombinasikan dengan RAM 3GB sehingga dapat menghasilkan kinerja yang cepat. Dalam hal konektivitas, iPhone X sudah mendukung jaringan LTE Cat.12 (kecepatan unduh hingga 600 Mbps dan unggah hingga 150 Mbps). Selain itu, iPhone X juga sudah mendukung Voice over LTE (VoLTE) sehingga kualitas suaranya saat melakukan panggilan telepon menjadi lebih jelas. Koneksi Wi-Fi dan Bluetooth 5 berjalan lancar di iPhone X dan juga tersedia fitur NFC.

Fitur Lainnya
Untuk urusan baterai, iPhone X hadir dengan baterai Li-Po 2716 mAh, sama seperti baterai pada iPhone 8 Plus. Ada fitur mode Low-Power yang bisa membuat iPhone X bertahan lebih lama ketika sisa daya 20%. Namun diperlukan waktu 2 jam untuk mengisi daya baterai dari 0 hingga 100%. Ini pertama kalinya Apple melengkapi smartphone-nya dengan fitur Fast Charging dan Wireless Charging. Sejauh ini, iPhone X hadir dengan penambahan pengisian nirkabel terpisah yang disebut AirPower. Selain itu iPhone X memiliki kemampuan terhadap water-resistant hanya pada kedalaman air sekitar satu meter dan durasi sekitar 30 menit. iPhone X hanya dijual dalam dua pilihan warna, yaitu space grey dan silver.

Kelebihan iPhone X:
– Layar OLED Super Retina HD
– Layar dengan bezel tipis yang tampil menawan
– Layar lebar 5,8 inchi
– Internetan cepat dengan jaringan 4G LTE
– Kamera belakang kaya akan fitur canggih
– Bisa melakukan wireless charging
– Prosesor Hexa-core dengan chipset terbaru Apple A11 Bionic yang memiliki performa yang sangat cepat
– Modul keamanan canggih dengan teknologi Face ID

Kekurangan iPhone X:
– Belum dilengkapi dengan kemampuan Dual SIM Stanby
– Baterainya bertipe Non – removable / bersifat tanam
– Tidak dilengkapi ruang pendukung slot microSD

Harga iPhone X
Cek harga terbaik iPhone X disini.