Review

Review Huawei Y7 Prime: Dengan EMUI 5.1 & Baterai 4000 mAh

Ketika vendor lain berjuang dengan produk kamera ganda dan bokehnya, Huawei hadir dengan kesederhanaan. Huawei Y7 Prime dengan kesederhanaan yang memenuhi kebutuhan dasar sebuah smartphone. Meski disebut sederhana, bukan berarti Huawei Y7 Prime tertinggal dari sisi hardware dan software. Berikut review Huawei Y7 Prime: dengan EMUI 5.1 & baterai 4000 mAh yang pastinya akan mendukung aktifitas para penggunanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi Huawei Y7 Prime
– Kelebihan dan kekurangan Huawei Y7 Prime
– Harga Huawei Y7 Prime

Desain
Huawei Y7 Prime tampil cukup futuristik dari tampilan depan dan tetap menarik dari tampilan belakang. Keseluruhan Huawei Y7 Prime terasa nyaman digenggam karena lekuk sisi luar dan dalam. Ponsel ini tampak seperti balutan metal ketika Anda melihat dari berat yang dimilikinya. Di bagian depan, terlihat layar dengan pelindung bawaan. Lubang speaker (buzzer) yang terdiri dari lubang yang sangat kecil dan pendek, ditempatkan berdekatan dengan kamera depan.

Kamera ini hampir tidak begitu terlihat karena warna hitam hampir sama dengan warna latar belakang. Sebenarnya di sebelah kiri lubang speaker ini masih ada indikator status dan sensor cahaya yang tidak terlihat. Di sisi bawah, ada port USB untuk data atau charging yang ditempatkan di tengah. Beralih ke sisi kanan, tombol daya ditempatkan di bagian bawah tombol volume. Sedangkan sisi kiri diisi dengan baki kartu SIM dan slot kartu microSD yang bisa dibuka dengan pin ejektor yang tersedia dalam paket penjualan. Baki ini adalah tempat SIM Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Layar
Huawei Y7 Prime mengakomodasi resolusi HD (720×1280) di atas layar lebar 5,5 inci. Untuk layar ini, Huawei mengatur fitur eye comfort lengkap dengan colour temperature. Tentunya ini sangat membantu dalam memberikan kenyamanan pengguna dari segala usia. Pengaturan ‘ukuran teks’ juga tersedia dalam format slider yang bervariasi. Sementara ‘kecerahan otomatis’ memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual dan otomatis.

Kamera
Ponsel ini mengusung kamera belakang dengan resolusi yang sedikit berbeda, 12 megapiksel (4032 x 3016). Kamera ini dilengkapi dengan sistem autofocus dalam kondisi cahaya rendah. Untuk mode, ponsel ini menyediakan mode kamera dari foto, foto pro, video, video pro, HDR, audio note, document scan, time-place, panorama, slow-mo, filter hingga watermark. Pada bagian depan, pengguna dapat menemukan sensor kamera selfie dengan resolusi 5 megapiksel. Mode selfie dapat diaktifkan dengan mengklik ikon wajah di bagian atas layar.

Sayangnya untuk kamera depan, ponsel ini tidak dilengkapi dengan lampu flash LED. Dalam pemotretan di dalam dan di luar ruangan, ponsel ini menghasilkan gambar yang tidak terlalu istimewa. Namun mode HDR mampu mengurangi efek yang ditimbulkan ketika mengambil objek yang dilakukan dengan bagian belakang sumber cahaya. Pengguna harus memastikan bahwa telepon dipegang dengan kuat saat memotret gambar untuk menghindari gambar buram karena kurangnya fitur OIS (Optical Image Stabilization).

Baterai
Huawei Y7 Prime memiliki kapasitas baterai besar yang dapat bersaing dengan smartphone andalan sekalipun. Kapasitas baterai 4.000 mAh bahkan melebihi Samsung Galaxy S8 yang hanya memiliki kapasitas 3.000 mAh. Smartphone ini bisa melakukan browsing hingga 17 jam, memainkan musik hingga 83 jam, dan waktu siaga 130 jam.

Android Nougat dengan EMUI 5.1
Huawei Y7 Prime sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat yang dihiasi dengan antarmuka EMUI 5.1. Antarmuka terbaru ini diperoleh segera setelah telepon dihidupkan dan diperbarui. Banyak wallpaper dan tema yang dapat Anda unduh secara gratis. Antarmuka EMUI juga menyediakan pengaturan wallpaper, widget, transisi dan pengaturan lanjutan.

Dapur Pacu
Dikutip Kaskus.co.id, mengusung dapur pacu Octa-core MSM8940 Snapdragon 435 dengan 4×1.4GHz plus 4×1.1GHz. Kinerja ponsel ini juga didukung oleh RAM 3 GB ditambah dengan 32 GB ruang penyimpanan internal. Untuk penyimpanan tambahan (kartu microSD) ponsel ini mendukung hingga 256 GB.

Dual SIM 4G LTE
Seperti kebanyakan smartphone yang ada saat ini, Huawei Y7 Prime juga telah dilengkapi dengan dua slot micro SIM card yang sudah mendukung 4G LTE. Slot kartu SIM pada telepon ini menggunakan slot kartu hibrida. Artinya, slot kartu 2 dapat digunakan untuk kartu SIM atau untuk kartu micro SD. Pertukaran data juga bisa dilakukan secara nirkabel melalui Bluetooth 4.1 dan Wi-Fi langsung. Untuk navigasi lokasi, ponsel ini telah dimasukkan oleh GPS/AGPS/Glonass dan Navigation Satellite System.

Kelebihan Huawei Y7 Prime:
– Dual SIM yang keduanya sudah support jaringan 4G LTE
– Sudah berjalan pada sistem operasi Android v7.0 Nougat + EMUI 5.1
– Sudah dilengkapi fitur Fast Charging

Kekurangan Huawei Y7 Prime:
– Tidak ada fitur LED Flash pada kamera depannya