Review

Review Himax Xplay: Ponsel Dual Kamera Murah

Tren smartphone kamera ganda tampaknya bukan dimonopoli oleh smartphone high-end saja. Sejak kuartal akhir 2017 lalu, banyak sekali smartphone dual kamera yang dipasarkan dengan harga di bawah Rp 3 juta. Salah satu smartphone dalam kategori ini ialah Himax Xplay yang dibanderol sekitar Rp 2,4 jutaan. Penasaran kan? Maka dari itu, mari simak review Himax Xplay berikut ini.

Desain
Seperti Himax Note 7, Himax Xplay juga menggunakan bahan logam yang mengadopsi desain unibody yang kokoh namun ergonomis. Keempat sudut smartphone juga terlihat bulat yang tentunya akan sangat cocok bila harus disimpan dalam saku celana. Dalam paket penjualannya juga sudah termasuk softcase untuk melindungi bagian belakang perangkat ini dari goresan.

Di sisi atas Himax Xplay bertengger sebuah port audio 3.5mm, sedangkan di sisi bawah ada celah speaker, mouthpiece dan port microUSB 2.0. Tombol power dan kontrol volume diletakkan di sisi kanan, sedangkan slot kartu SIM mikro dan hibrida kartu microSD dapat ditemukan di sisi kiri perangkat. Pemindai sidik jari ditempatkan di bawah layar yang juga berfungsi sebagai tombol navigasi. Masih di bagian depan perangkat, Anda bisa melihat sejumlah komponen penting berbaris rapi di layar yang mencakup sensor kamera depan, sensor jarak dan celah earpiece untuk komunikasi telepon.

Tidak seperti ponsel Android lainnya, Himax hanya menyematkan satu tombol fisik yang selain itu perannya untuk memindai sidik jari juga digunakan untuk menggantikan tiga tombol navigasi yaitu home, task switch dan back. Petunjuk menggunakan tiga tombol navigasi ini dapat dilihat saat ponsel pertama kali dihidupkan. Secara singkat ketiga fungsi back, home dan task switch dapat diaktifkan dengan setiap sentuhan sekali, menekan sekali dan menekan dua kali tombol fisik. Kalau Anda ingin menggunakan tombol virtual, Anda dapat mengaktifkannya melalui jalur pengaturan, bilah navigasi dan hapus centang pada kotak di samping tulisan hide navigation bar.

Teknologi Display HD 2.5D MiraVision
Permukaan layar 2.5D milik Himax Xplay yang membentang seluas 5,5 inci ini siap memanjakan mata Anda dengan resolusi full HD yang dilayaninya. Keindahan gambar yang disajikan juga didukung oleh teknologi MiraVision yang memungkinkan pengguna mengatur komposisi kontrasnya sendiri, jenuh dengan suhu warna layar untuk mendapatkan tampilan yang sesuai dengan selera masing-masing. Selain MiraVision, Anda juga bisa secara manual mengatur tingkat kecerahan layar. Pengaturan layar sebenarnya dari perangkat ini juga tidak jauh berbeda dengan menu khas Android Nougat yang memungkinkan pengguna mengatur ukuran font, ukuran display, cast untuk memilih wallpaper.

Berbicara tentang perlindungan, layar Himax Xplay juga telah diperkuat dengan antigores Gorilla Glass dan pelindung layar tambahan termasuk dalam kotak penjualan. Pada posisi layar terkunci, pengguna bisa langsung mengakses kamera cukup dengan menyeret ikon kamera di sudut kanan layar ke arah atas.

Keamanan dan Konektivitas
Seperti telah disebutkan di atas, Himax Xplay telah dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang siap melindungi data yang Anda simpan. Pengguna dapat menyimpan hingga lima sidik jari melalui menu setting > sidik jari. Sebelum merekam sidik jari Anda ke perangkat, Anda akan diminta untuk membuat metode pembuka kunci cadangan seperti kata sandi, PIN atau tombol pola. Setelah proses perekaman sidik jari selesai, Anda juga bisa memilih untuk menggunakannya sebagai alat untuk mengaktifkan tiga fungsi yakni dengan cepat meluncurkan sidik jari, sidik jari APP dan mengenkripsi pesan.

Peluncuran cepat sidik jari memungkinkan Anda membuka aplikasi atau menghubungi kontak yang Anda pilih sebelumnya. Misalnya Anda bisa memilih sidik jari pertama untuk membuka browser, sidik jari kedua memanggil kontak favorit. Sementara loker APP sidik jari bisa Anda gunakan untuk mengunci aplikasi. Sebagai alternatif, pengguna juga akan diminta untuk membuat kata sandi terlebih dahulu untuk menghindari masalah perangkat gagal membuka aplikasi karena jari pengguna terluka atau basah.

Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, Himax Xplay telah difasilitasi dengan dua slot kartu SIM hybrid. Slot kartu SIM pada ponsel ini secara teoritis sudah mendukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan download dan upload masing-masing 150 dan 50Mbps. Sayangnya saat PULSE mencoba menggunakan slot kartu, perangkat ini selalu gagal terhubung ke jaringan internet operator meski paket data dalam kondisi aktif. Soal konektivitas, Anda bisa memanfaatkan Bluetooth dan Wi-Fi Direct.

Dapur Pacu
Terjual di kisaran harga 2,4 juta, Himax Xplay mengusung dapur pacu inti Core milik MediaTek yang mampu melaju kencang dengan clock speed 1,5 GHz. Dukungan RAM 4GB dan ruang internal 64GB membuat kinerjanya lebih cepat. Sayangnya slot kartu hybrid yang digunakan membuat pengguna harus mengorbankan slot SIM 2 jika ingin memperluas kapasitas penyimpanannya. Sementara GPU Mali-T860 MP2 dijejalkan ke dalamnya demi mendukung kinerja grafis. Meski daya dukung baterai besar, konsumsi daya perangkat ini terbilang boros terutama bila digunakan untuk aktivitas browsing via Wi-Fi. Sedangkan soal konsumsi daya perangkat ini saat terhubung ke jaringan 4G, PULSE tidak bisa melakukan karena masalah yang disebutkan tadi.

Kamera
Himax telah mempersenjatai Xplay dengan kamera ganda yang terdiri dari sensor 13 MP yang memiliki aperture f/2.0 dan sensor kedua 2 MP yang mengusung diafragma f/2.4. Sejumlah fitur seperti HDR, panorama, geo tagging, touch focus, face detection juga disertakan di dalamnya. Fitur unik dari ponsel ini yang patut diperhatikan adalah Picture in Picture yang akan menangkap gambar menggunakan kamera depan dan kamera belakang perangkat dan menampilkannya dalam satu bingkai foto yang sama.

Himax Xplay sebenarnya cukup memadai untuk mengakomodasi kebutuhan penggemar selfie. Meski tidak dilengkapi lampu depan LED, namun layarnya akan memancarkan kilatan cahaya putih saat pengambilan gambar dilakukan dalam kondisi minim cahaya. Mode kecantikan wajah tersemat pada sensor 8 MP ini mampu memperbaiki tekstur wajah pengguna agar terlihat lebih halus. Sayangnya kamera depan hanya mampu merekam video dengan kualitas yang tertahan pada resolusi 480p saja.

Kelebihan Himax Xplay:
– Layar ideal untuk penggunaan sehari-hari
– Desain kekinian yang keren
– Multitasking lancar
– Dual kamera utama
– Dilengkapi sensor fingerprint scanner
– Dual SIM dan koneksi 4G LTE

Kekurangan Himax Xplay:
– Kamera depan tidak ada LED flash
– Tidak didukung sensor Gyrocope

Harga Himax Xplay
Cek harga terbaik Himax Xplay disini.