Review

Review DJI Mavic Air: Drone Mini Dengan Kamera 4K

DJI akhirnya secara resmi meluncurkan produk drone terbarunya yang diberi nama DJI Mavic Air. DJI Drone terbaru ini melengkapi beberapa seri DJI Drone sebelumnya yang sudah tersedia di pasaran. DJI Mavic Air dihadirkan untuk mengisi segmen pasar di bawah DJI Mavic Pro dan di atas Mavic Spark. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan me-review DJI Mavic Air: Drone mini dengan kamera 4K.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Spesifikasi DJI Mavic Air
– Kelebihan dan kekurangan DJI Mavic Air
– Harga DJI Mavic Air

Tentu saja jika dibandingkan antara DJI Mavic Pro dengan DJI Mavic Air sedikit berbeda dari ukuran desain, di mana Drone DJI Mavic Air cenderung terlihat seperti upgrade dari DJI Spark. Namun dilihat dari fungsinya, DJI Mavic Air dirancang untuk para profesional di bidang fotografi dan pemetaan 3D. Ditambah DJI Mavic Air juga memiliki kamera terbaik dan beberapa sensor hambatan yang telah diperbarui. Oleh karena itu, Anda yang berpikir bahwa tubuh kecil DJI Mavic Air membuat kemampuan merekam yang buruk, Anda harus berpikir lagi.

Desain
Desain DJI Mavic Air pada pandangan pertama mirip dengan desain DJI Spark, tetapi sedikit lebih besar serta areodinamis. Namun kelebihan DJI Mavic Air yang menggunakan bahan metal alloy Magnesium, dengan desain ventilasi kipas yang sangat efisien dalam membuang panas berlebih dan tentu saja arm pada Drone ini bisa dilipat. DJI Mavic Air berukuran sangat mini sekitar 16 cm x 8,3 cm dengan tebal 4,9 cm saat dilipat, dan bila tidak dilipat memiliki ukuran 16,8 cm x 18,4 cm dan berat 430 gram.

Resolusi Kamera
DJI Mavic Air dilengkapi dengan kamera beresolusi 12 megapixel. Kamera ini dapat merekam video hingga kualitas 4K. Tidak hanya itu, kamera ini bisa memotret foto panorama hingga 32 megapixel. Dilengkapi juga dengan 3 Axis Stabilizing Gimbal, sehingga kamera ini dapat memberikan hasil foto dan video dari Drone terlihat tetap stabil. Kamera di Mavic Air juga dilengkapi dengan beberapa fitur baru. Di antaranya, mampu menghasilkan gambar panorama dengan jangkauan hingga 360 derajat. Ini juga mencakup beberapa kemampuan Zooming terbaru yang lebih mengesankan.

Penyimpanan
Anda dapat melengkapi DJI Mavic Air dengan kartu memori microSD untuk menyimpan rekaman atau foto. Jika Anda lupa membawa microSD, Dikutip dari TribunNews.com, DJI Mavic Pro juga dilengkapi dengan memori internal 8 GB.

Kemampuan
Keunikan Drone DJI Mavic Air adalah kemampuan terbangnya yang luar biasa. Karena pihak DJI mengklaim bahwa, DJI Mavic Air dilengkapi dengan FlightAutonomy 2.0 adalah teknologi pesawat tidak berawak terbaik yang telah mereka kembangkan sejak lama. Dimana teknologi ini merupakan kecerdasan buatan yang membuat Drone dapat menghindari benda-benda yang menghalangi drone dengan sangat cepat. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menerbangkan Drone ini di pohon-pohon rindang, dan juga area berbatuan area.

Karena Drone DJI Mavic Air dipastikan mampu menghindar dengan baik. Ini karena DJI Mavic Air dilengkapi dengan 6 sensor obstacle utama, antara lain 2 di belakang Drone, 2 di bawah Drone dan 2 di bagian depan Drone. Selain itu, daya tahan Drone keika terbang sangat luar biasa, karena DJI Mavic Air sangat tahan dengan hembusan angin yang cukup kencang padahal ukuran Drone ini terbilang mini. Jadi, Anda tidak perlu takut menerbangkan Drone ini di area mana pun. Ditambah kecepatan maksimum drone ini sekitar 68 km/jam dalam mode sport.

Keunikan lain dari fitur drone terbang DJI Mavic Air adalah kemampuan drone untuk memetakan 3D lingkungan sekitarnya. Jadi drone ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja di pertambangan, konstruksi, dan juga perkebunan. DJI Mavic Air juga dilengkapi sistem keamanan terbang yang sangat canggih, dimana fungsi GPS akan bekerja sangat maksimal dan mampu memperbaiki sesegera mungkin jika kondisi GPS terganggu. Ini karena teknologi baru The Vision Compass, yang membantu sistem navigasi untuk memprediksi arah drone akan terbang ke tempat yang aman.

Kemampuan Drone DJI Mavic Air juga tidak diragukan lagi, DJI memastikan bahwa Drone ini mampu terbang 4 km dengan live video FVP 720p tanpa hambatan. Dengan kondisi tidak adanya sinyal yang mengganggu dan DJI Mavic Air juga sudah menggunakan koneksi Wifi ganda 2,4 dan 5,8 Ghz. Dan jika ada koneksi yang hilang, maka sistem RTH atau retun to home akan memastikan Drone dapat kembali dengan aman. Hal ini disebabkan karena DJI Mavic Air merekam dengan jelas kondisi lingkungan ketika pesawat tidak berawak terbang.

Kapasitas Baterai
Kapasitas baterai Lipo Dji Mavic Air adalah sekitar 2375 mAh berjenis 3S, yang memberikan daya tahan hingga 21 menit. Dalam hal ketahanan, tentu membuat drone DJI Mavic Air menjadi drone mini dengan masa pakai baterai terpanjang untuk saat ini.

Fitur Lainnya
DJI Mavic Air dilengkapi dengan fitur Gesture Control, dimana pengguna dapat mengendalikan drone ini hanya dengan gelombang. Termasuk bisa memerintahkan untuk memotret selfie dengan gerakan tangan. Yang lebih canggih lagi, Drone ini dapat memindai tampilan yang ada di depan kamera, lalu akan dianalisa untuk dijadikan jalur yang aman bagi Drone ini. Jadi ketika drone sedang terbang, sudah disediakan info jalurnya untuk menghindari rintangan yang ada di depannya.

Kelebihan DJI Mavic Air:
– Drone praktis dan ringan
– Kamera yang dapat merekam dengan kualitas hingga 4K

Kekurangan DJI Mavic Air:
– Waktu terbang yang tidak begitu lama

Harga DJI Mavic Air.
Cek harga terbaik DJI Mavic Air dan beli disini.