Review

Review ASUS Zenfone 4 Selfie Pro: Jodoh Pencinta Selfie

Setelah menghadirkan Asus Zenfone 4 Max ke Tanah Air, perusahaan asal Taiwan ini membawa dua perangkat sekaligus untuk para penggemar selfie yaitu Asus Zenfone 4 Selfie dan Versi Pro. Setelah kita ulas yang versi standarnya beberapa waktu lalu, kali ini kita akan mengulas review Asus Zenfone 4 Selfie Pro yang menjadi jodoh penggemar selfie karena mengusung kamera depan beresolusi dual kamera beresolusi 12 MP dan 12 MP.

Desain
Kesan pertama yang akan Anda dapatkan saat melihat Zenfone 4 Selfie Pro adalah bodinya yang ramping. Meski ASUS tidak mengklaimnya sebagai smartphone tertipis, namun ZenFone 4 Selfie Pro cukup tipis untuk menarik perhatian konsumen. Dikombinasikan dengan warna merah dan langka yang ditemukan di smartphone, Zenfone 4 Selfie Pro cukup eye-catching.

ASUS memasang kamera berbentuk kotak di belakang berdampingan dengan lampu flash di bagian tengahnya. Meski hanya sedikit perubahan pada desain dari saudaranya, namun ini cukup membuat Zenfone 4 Selfie Pro memberi kesan berbeda bila dibandingkan dengan kebanyakan smartphone yang ada saat ini, dimana biasanya posisi kamera belakang di kiri atas.

Untuk masalah wajah ponsel, penggemar ASUS sepertinya harus menunggu sebelum perusahaan Taiwan meluncurkan ponsel dengan bezel tipis. Memang, frame Zenfone 4 Selfie Pro di sebelah kanan dan kiri tidak tebal, namun ponsel ini masih memiliki bezel tebal di bagian atas dan bawah. Di bagian atas, Anda akan menemukan dua kamera depan di sebelah kanan dan flash di sebelah kiri.

Adanya bezel di bagian bawah tidak disia-siakan oleh ASUS. Mereka menyematkan tombol Home di bagian tengah bawah. Tombol Home juga berfungsi ganda sebagai sensor sidik jari. Di sisi kanan dan kiri tombol ini, Anda akan menemukan tombol kapasitif untuk Apps Terbaru dan Back. Tombol Power ada di sebelah kanan, di bawah tombol volume. Soket audio, port charger dan lubang speaker akan ditemukan di bagian bawah.

Layar
ASUS Zenfone 4 Selfie Pro mengusung layar seluas 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 pixel) dan teknologi AMOLED. Bisa dibilang teknologi AMOLED ini membuatnya terlihat cerah dan kaya warna bila dilihat secara kasat mata. Selain itu, ASUS juga telah menanamkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass untuk meminimalkan terjadinya goresan pada layar smartphone ini. Bahkan layar Zenfone 4 Selfie Pro mampu menyentuh 10 jari sekaligus dan juga mendukung sentuhan dengan sarung tangan.

Kamera
Zenfone 4 Selfie Pro memiliki dua kamera di bagian depan yang memiliki kombinasi kamera 12 MP dengan dukungan duo-pixel plus kamera wide-angle 5 MP. Kamera utama 12 MP ini mampu menghasilkan foto selfie hingga resolusi 24 MP berkat adanya teknologi duo pixel, namun secara default menghasilkan foto selfie 12 MP.

Selain itu, Anda juga bisa menghasilkan efek selfie foto bokeh pada resolusi maksimal 12 MP berkat hadirnya fitur Portrait Mode. Namun bagi para Sobat Gaptex yang ingin menghasilkan foto selfie dengan background yang luas maka bisa menggunakan kamera wide-angle hingga resolusi 5 MP.

Beberapa fitur yang hadir di kamera depan Zenfone 4 Selfie Pro terdiri dari Selfie Panorama, Auto, Beauty, dan GIF Animation. Perangkat ini juga memiliki kamera belakang beresolusi 16 MP yang dapat menghasilkan gambar dengan baik, bahkan mampu menghasilkan foto bokeh dengan fitur Portrait Mode. Untuk memanjakan pengguna dengan kamera belakangnya, ASUS telah menyematkan beberapa fitur Beauty, Pro, Super Resolution, Animasi GIF, Panorama, Slow Motion, hingga Time Lapse yang bisa dibuat sesuai kebutuhan.

Kinerja
Spesifikasi perangkat keras yang ditawarkan oleh ASUS Zenfone 4 Selfie Pro terdiri dari chipset Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core dengan kecepatan 2 GHz, GPU Adreno 506, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Bisa dibilang kinerjanya cukup stabil saat menjalankan multitasking beberapa aplikasi, mulai dari SMS, chatting, email, atau telepon. Selanjutnya, smartphone ini mampu menjalankan game-game berat, seperti Dynasty Warrior, Asphalt 8, Need for Speed No Limit dengan lancar.

Skor benchmark AnTuTu yang dihasilkan oleh Zenfone 4 Selfie Pro boleh dibilang standar pada smartphone prosesor Snapdragon 625 Qualcomm yang umumnya mencapai 65.169 poin. Sementara nilai GeekBench mencapai 873 poin dalam pengujian single core dan 4.158 poin dalam pengujian multi-inti. Akhirnya, Zenfone 4 Selfie Pro berhasil mendapatkan skor 14.038 poin dalam pengujian Ice Storm Unlimited.

Selain itu, ASUS menyematkan baterai 3.000 mAh di Zenfone 4 Selfie Pro karena menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki efisiensi dalam mengkonsumsi daya baterai. Bisa dibilang masa pakai baterai smartphone ini bisa dibilang cukup lama. Daya baterai bisa bertahan sekitar 11 jam dari kondisi baterai 100% sampai 0%.

Sementara itu, ASUS juga menyematkan fitur pengisian cepat pada smartphone ini sehingga baterai bisa dikenakan biaya selama 1 jam 45 menit mulai dari 0% sampai 100%. Tentu pengisian baterai ini bisa dibilang cepat mengingat kapasitas baterai mencapai 3.000 mAh.

Kelebihan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro:
– Desain menarik dengan balutan metal
– Internet kencang berkat jaringan 4G LTE
– Layar ideal di genggaman
– Antarmuka dipercantik dengan ASUS ZenUI
– Performa tangguh
– Hasil foto selfie memukau
– Terdapat microSD untuk memori penyimpanan lega
– Sensor fingerprint scanner dan fast charging

Kekurangan ASUS Zenfone 4 Selfie Pro:
– Baterai Non-removable
– Harga cukup tinggi

Harga Asus Zenfone 4 Selfie Pro
Cek harga terbaik Asus Zenfone 4 Selfie Pro disini.