Review

Review Asus ZenFone 4 Max: Baterai Besar & Kamera Ganda

Belum lama ini, Asus membawa beberapa varian ZenFone 4 Max ke pasar Indonesia. Andalan dari perangkat ini ialah kamera ganda di bagian belakang yang disertai dengan kapasitas baterai jumbo, seperti varian Max pendahulunya. Setelah merilis Asus ZenFone 4 Max Pro di Tanah Air pada akhir Agustus lalu, kini Asus menghadirkan versi di bawahnya, yakni ZenFone 4 Max demi menjangkau segmen pasar kelas menengah ke bawah. Untuk itu, mari simak review Asus ZenFone 4 Max di bawah ini, dimulai dari desain dan performanya.

Desain
Mengikuti tren saat ini, Asus ZenFone 4 Max hadir dengan desain unibody yang mengandalkan material logam untuk membungkus bodi polikarbonat ringan di bagian belakang. Sisi melengkung tanpa sudut meruncing, tentunya untuk meningkatkan grip ketika digenggam baik dengan satu tangan. Ketebalan 8.73mm pun masih nyaman untuk dipegang.

Masih berbicara tentang bodi, Asus ZenFone 4 Max menggunakan lapisan kaca 2.5D, yang sebenarnya cukup premium untuk ponsel kelas menengah, sehingga tampilannya terlihat lebih keren. Asus juga memasang dua kamera di belakangnya, seperti yang bisa Anda lihat di sisi kiri atas, tak ketinggalan LED Flash satu warna.

Komponen kamera ini terletak di dalam desain unibody, yang membuat Anda tidak bisa membongkar-pasang bodinya. Namun, peletakan slot SIM terbilang unik karena terpasang agak berbeda dari biasanya. Posisi kartu SIM terdiri dari tiga slot, yang berarti Anda tidak perlu mengganti slot SIM untuk memasang kartu Micro SD. Konektivitas lainnya termasuk port USB Tipe-A antara 12 lubang speaker, dan jack audio 3.5mm di sisi atas.

Beralih ke sisi depan, Asus ZenFone 4 Max menyematkan pemindai sidik jari di bagian bawah layar. Konsep ini cukup menarik, mengingat jajaran ZenFone 3 memasang pemindai sidik jari di bodi belakang. Ukuran pemindai ini cukup besar, mirip dengan ZenFone 4 Max Pro. Pemindai juga berfungsi sebagai tombol home, diapit dua tombol back sensor dan task manager. Yang menarik berikutnya adalah kamera depan terletak di sebelah lubang speaker, dengan posisi yang agak jauh dari LED flash.

Secara keseluruhan, Asus ZenFone 4 Max memiliki bodi yang mirip dengan versi Pro. Perbedaan yang paling menonjol adalah posisi LED flash dan dimensi yang cenderung lebih menonjol. Persamaan ini menyebabkan tubuh mudah kotor karena sidik jari terpasang.

Perangkat Lunak dan Antarmuka
Asus ZenFone 4 Max telah mengadopsi Android 7.1.1 Nougat, tentunya dengan antarmuka ZenUI. Apa yang ingin ditekankan oleh ASUS melalui antarmuka ini adalah beragam fitur spesial eksklusif, seperti Zen Motion. Pengguna bisa membuat isyarat khusus sebagai perintah langsung dalam mengakses aplikasi tertentu. Ada beberapa pilihan isyarat yang tersedia, dan ini memudahkan pengguna untuk menjadi kurang kompleks karena mereka ingin menciptakan isyarat sendiri.

Selain itu, Asus ZenFone 4 Max juga menyediakan Mobile Manager. Seperti aplikasi produk bawaan pesaingnya, Mobile Manager akan memulihkan telepon ke kinerja awalnya. Bukan berarti menghapus data yang memberatkan, namun hanya untuk membersihkan memori karena penggunaan cukup banyak aplikasi dan terus berlangsung. Hal ini mirip dengan Clean Master, namun pastinya didesain lebih optimal untuk ponsel Asus.

Genie Game adalah aplikasi default berikutnya, yang menjadi akses untuk menyediakan layanan tambahan saat bermain game. Sebut saja rekaman singkat atau tingkatkan performa saat bermain game. Memang, mengakses Genie Game akan membuat permainan sedikit tersendat, meski tidak lama. Ini cukup berguna bagi gamer yang ingin segera berbagi video game ke jejaring sosial.

Kinerja dan Baterai
Asus ZenFone 4 Max menyematkan prosesor Snapdragon 425, chipset kelas menengah ke bawah yang dipadukan dengan RAM 3 GB. Bagi pengguna pemula, spesifikasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk penggunaan standar seperti menonton film Full HD, browsing, bahkan main main games.

Sama dengan saudaranya, Asus ZenFone 4 Max hadir dengan kamera ganda dengan resolusi 13MP, yang juga memiliki dua mode pemotretan, yaitu portrait dan wide. Sedangkan untuk menghasilkan foto selfie, kamera depan memiliki kualitas 8MP.

Dari sisi baterai, Asus ZenFone 4 Max berada pada posisi yang cukup bersaing dengan lawannya. Walaupun masih kalah dengan ASUS ZenFone 4 Max Pro karena baterai lebih kecil, namun, ia masih bisa bertahan lebih dari 13 jam lamanya dengan pemakaian normal.

Spesifikasi Asus ZenFone 4 Max:
– Layar 5.2 inch resolusi HD 720p
– Prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Octa-core
– RAM 3 GB, ROM 32 GB
– OS Android Nougat dengan ZenUI 4.0
– Kamera utama ganda 13 MP + 5 MP, kamera depan 5 MP
– Baterai 4.100 mAh

Kelebihan Asus ZenFone 4 Max:
– Baterai tahan lama
– Kamera portrait bagus
– Harga cukup terjangkau
– Desain elegan dan menarik
– Telah dilengkapi sensor sidik jari

Kekurangan Asus ZenFone 4 Max:
– Layar belum Full HD
– Baterai Non-removable

Harga Asus ZenFone 4 Max
Cek harga terbaik Asus ZenFone 4 Max disini.