Berita

Resmi Dirilis Nokia X6 Dengan Dual-Camera & Notch

Setelah banyak rumor bergema di dunia maya, akhirnya perusahaan HMD Global resmi menghidupkan kembali jajaran smartphone Nokia X, yakni Nokia X6. Resmi dirilis Nokia X6 dengan dual-camera & notch di China dengan tampilan desain yang terlihat cukup premium. Seperti yang diketahui, smartphone yang mengusung dual-camera dan notch atau poni merupakan konsep ‘Smartphone Jaman Now.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Negara rilis Nokia X6
– Spesifikasi Nokia X6
– Harga Nokia X6

Meskipun sebelumnya di tahun 2014, Nokia X akan segera dibumi hanguskan! Namun nyatanya Nokia siapkan Nokia X6 untuk beredar di pasar China mulai 21 Mei dengan banderol harga mulai dari 1.299 yuan atau sekitar Rp 2,8 juta hingga yang paling mahal seharga 1.699 yuan atau sekitar Rp3,7 juta.

Smartphone papan menengah ini diklaim 95 persen dibalut bahan kaca di bagian belakang dan logam di bingkai depannya. Layarnya berukuran 5,8 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2280 piksel) dan diberi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Rasio aspek bodynya mencapai 19: 9, dan meninggalkan notch atau poni yang menonjol di bingkai atas layar.

Dikutip dari Kompas.com, desain poni Nokia X6 menjadi tempat bagi sensor kamera depan 16 megapiksel dengan bukaan f/2.0 dan sensor face unlock. Selain itu terdapat juga fingerprint scanner berbentuk bulat tepat di bawah kamera ganda. Kamera utama di bagian belakang Nokia X6 beresolusi 16 megapiksel dengan aperture f/2.0, sementara kamera sekunder dikonfigurasi 5 megapiksel dengan sensor monokrom (hitam-putih) bukaan lensa f/2.2.

Semua kamera didukung dengan teknologi bokeh artificial intelligence (AI), pengenal wajah, ekspresi dinamis, dan filter. Untuk dapur pacu, Nokia X6 membenamkan chipset Snapdragon 636 dengan kapasitas RAM 4 GB dan pilihan penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB. Ada juga varian dengan kapasitas RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Ada dua slot kartu berjenis hybrida, sehingga pengguna harus memilih apakah akan menambahkan kartu SIM atau MicroSD untuk memperluas media penyimpanannya.

Baterai Nokia X6 memiliki kapasitas 3060 mAh dengan colokan USB-Type C untuk dihubungkan dengan Quick Charge 3.0 dan dalam 30 menit, baterai ponsel ini diklaim bisa terisi 50 persen. Sistem operasi smartphone ini mengusung OS Android 8.1 Oreo, dan disebut dapat di-upgrade ke Android P, yang saat ini masih hadir dalam format beta.

Nokia X6 hadir dalam beberapa pilihan warna, yaitu biru, hitam, dan silver. Kehadiran Nokia X6 sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Informasi ini pertama kali diketahui dari sebuah iklan yang ada di China. Namun sejauh ini, belum ada informasi apakah Indonesia adalah salah satu target pasarnya karena HMD Global belum mengumumkan negara mana saja selain China yang akan kebagian smartphone seri X yang dilahirkan kembali ini.