Berita

Redmi 5A Hadir di Indonesia, Harga Cuma Rp 1 Jutaan!

Perusahaan asal China yang sedang sukses di pasaran smartphone saat ini, Xiaomi, baru saja meluncurkan smartphone entry-level termurah besutannya di Indonesia, yaitu Redmi 5A. Perangkat ini sebelumnya sudah meluncur di pasar Tiongkok beberapa bulan lalu. Namun tahukah Anda Redmi 5A yang hadir di Indonesia ternyata dibanderol dengan harga yang lebih murah dari yang ditawarkan di Tiongkok.

Sesuai namanya, Redmi 5A merupakan generasi penerus dari Xiaomi Redmi 4A yang sudah kami review di bulan Februari lalu. Namun uniknya, Anda tidak perlu merogoh kocek lebih untuk membeli Redmi 5A karena harganya hanya Rp 999.000 di Indonesia. Nilai ini lebih murah dibandingkan harga Redmi 5A di China yang dibanderol di kisaran harga Rp 1,3 juta.

Bahkan hebatnya lagi, Xiaomi pun mengklaim bahwa tidak ada smartphone lain di pasar Tanah Air yang mampu menyamai spesifikasi Redmi 5A dengan harga tersebut. Lantas kenapa harga yang sebegitu murahnya membuat Redmi 5A dapat bersaing dengan smartphone lainnya. Menurut Lei Jun selaku CEO Xiaomi, perusahaan mengatakan hal ini karena model bisnis yang dimiliki Xiaomi. Mereka berusaha untuk menekan biaya sehingga dapat menjual produk dengan harga modal.

Sama seperti perkataan Jun, Director Product Management and Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung, mengklaim jika pihaknya berusaha untuk memangkas ongkos pemasaran sebanyak mungkin. Dengan demikian, alih-alih terbuang untuk hal marketing, biayanya dapat dipotong dan dialihkan untuk pengembangan produk.

Donovan juga menambahkan jika brand lain terus berlomba-lomba untuk menggaet spokesperson terkenal, namun Xiaomi tidak begitu. Perusahaan banyak bergantung pada pemasaran online, sehingga mereka dapat menawarkan produk dengan setengah harga pasar. Dia turut mengatakan jika harga Redmi 5A yang murah dapat tercapai berkat dukungan para mitra pemasaran Xiaomi untuk smartphone yaitu Qualcomm sebagai mitra teknologi, Lazada sebagai mitra online, Erajaya selaku mitra offline, dan Indosat Ooredoo sebagai mitra operator.

Dengan harga Rp 1 jutaan, Redmi 5A mempunyai spesifikasi yang tergolong mumpuni di kelasnya, seperti layar 5 inch beresolusi HD, chipset Snapdragon 425, RAM 2 GB, memori internal 16 GB, baterai 3.000 mAh, sistem operasi Android 7.1.2 Nougat, dan kamera 13 MP serta 5 MP. Namun kejutn belum sampai disitu saja, ternyata Redmi 5A memiliki IR blaster yang berguna untuk mengendalikan perangkat lain, seperti TV, AC, dan sebagainya.

Walaupun secara keseluruhan, spesifikasi yang diusung oleh Xiaomi Redmi 5A hampir sama dengan pendahulunya, tapi perangkat ini mempunyai beberapa peningkatan. Perbedaan yang paling mencolok ialah finish metalic di bodi belakang dan juga tersedia dalam pilihan Dark Grey, Elegant Gold, dan Rose Gold.