Berita

Qualcomm Siap Jual Ponsel Murah 4G LTE Sistem Operasi Android di Indonesia

Biasanya bila mendengar istilah Qualcomm, pasti Anda langsung berpikiran mengenai prosesor. Namun apakah Anda mengetahui bahwa Qualcomm juga akan memproduksi ponsel khusus untuk Indonesia yang murah meriah dan telah mendukung jaringan 4G LTE? Hal itu dibuktikan oleh Shannedy Ong, seorang Country Director Qualcomm Indonesia pada perhelatan acara MWC 2017 di Barcelona, ia mengatakan bahwa Qualcomm sedang bekerja sama dengan beberapa vendor ponsel asal Indonesia untuk merilis feature phone (ponsel berkemampuan dasar) yang dapat mengakses jaringan super cepat 4G LTE.

Qualcomm Siap Jual Ponsel Murah 4G LTE Sistem Operasi Android di Indonesia

Shannedy juga mengatakan alasannya Qualcomm akan meluncurkan ponsel tersebut karena saat ini di Indonesia masih terlalu banyak memakai feature phone 2G. Oleh sebab itu, mereka mengeluarkan solusi untuk bermigrasi ke jaringan 4G. Ia menambahkan bahwa pengguna feature phone tersebut susah beralih sebab sulit beradaptasi dengan kehadiran smartphone yang canggih.

Untuk menarik minat masyarakat Indonesia, rencananya Qualcomm akan menjual ponselnya itu dengan harga murah sekitar Rp 500.000-an. Karena telah mendukung konektivitas 4G, feature phone dari Qualcomm ini tidak dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi. Dalam proses awal, Qualcomm pun mengaku telah bekerja sama dengan berbagai vendor di Indonesia, salah satunya TSM. Produk yang diproduksi oleh TSM juga telah dipamerkan pada ajang MWC 2017. Nama resmi untuk ponsel 4G ini juga belum diketahui, pihak mereka hanya ditulis dengan kode IQ100.

Bila melihat dari segi desain, feaure phone Qualcomm tersebut sama seperti Nokia 3310 yang hadir dengan keypad TP atau numerik. Layarnya berukuran 2,4 inch hingga 2,8 inch juga belum mendukung layar sentuh. Menurut Shannedy, produk ini akan dibekali chipset Snapdragon 200 buatan Qualcomm pastinya. Selain itu, tersedia tiga aplikasi di dalam ponsel yakni BBM, WhatsApp dan Facebook. Pengguna nantinya bukan hanya dapat SMS dan telepon saja, namun dapat berselancar di dunia maya serta chatting sepuasnya.

IQ100, hasil kerja sama Qualcomm dan TSM juga bakal menjalankan sistem operasi Android atau KitKat, setidaknya masih dapat di upgrade ke Android Lollipop. Pengguna juga tidak bisa mengupgrade lebih dari Android Lollipop karena akan menghabiskan banyak memori. Upaya Qualcomm untuk menghadirkan ponsel 4G murah ini sesuai harapan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.