Berita

Prossesor 10 Core dari MediaTek

Manusia memang seakan terobsesi dengan kecepatan, sehingga kita kini tak lagi berkutat pada prosesor (aka pemroses data) single, double, quad, hexa atau pun octa, melainkan 10 core (atau deca core)! Adalah MediaTek, pabrikan besar prosesor yang akan membuat 10-core yang siap dijual mulai akhir tahun 2015 ini.

Prossesor 10 Core dari MediaTek

Nama processor itu adalah Helio X20. Dengan implementasi big. LITTLE, 10 core dari Helio X20 bakal dikelompokkan ke 3 group, dengan formasi 4-4-2. Yakni 2 core 2, 5 GHz ARM A72 untuk aktivitas yang paling berat, dan dua group masing-masing quad core untuk aktivitas yang lebih enteng.

Helio X20 juga mensupport pemakaian micro controller untuk mengatur input suara, dua kamera utama, monitor beresolusi 2K. Ia juga dapat memutar musik tanpa perlu menyalakan dua core intinya. Helio X20 diklaim lebih efisien dalam hal penggunaan energi tanpa kehilangan performa.

Di sisi lain …
MediaTek sepertinya ingin merubah image perusahaan mereka yang selama ini dikenal hanya masuk pada ponsel-ponsel murah melalui produk barunya. Sementara itu, kompetitor MediaTek yang bermain di segmen premium, Qualcomm masih menguasai teknologi yang dipakai di modem LTE.

Sebelumnya Qualcomm juga diisukan bakal membuat processor dengan 10 core, yang kabarnya bakal dinamakan Snapdragon 818. Processor ini akan dibekali chip grafis Adreno 532. Diluar itu Snapdragon 818 juga telah mendukung pemakaian RAM type LPDDR4, serta dapat menangani kecepatan seluler 4G LTE Cat-10.