Berita

Pre-Order Microsoft HoloLens Sudah Dimulai!

Selama beberapa waktu, perkembangan Microsoft HoloLens nyaris tak tercium oleh media massa. Agaknya Microsoft benar-benar berhati-hati dalam mempersiapkan produk kejutan satu ini. Padahal, HoloLens terbilang sangat populer dan dinanti-nantikan oleh para calon konsumen. Sebagai bukti, sepanjang tahun 2015 kemarin, halaman HoloLens di Microsoft.com menerima lebih dari 50 juta kunjungan. Sementara Oculus.com milik Facebook yang kini memimpin pasar virtual reality hanya menerima sekitar 30 juta kunjungan selama tahun 2015.

Pre-Order Microsoft HoloLens Sudah Dimulai!

Sampai akhirnya seorang pengguna Reddit dengan nama ‘Shooob’ membocorkan rencana tanggal rilis HoloLens pada bulan Maret 2016 mendatang. Mula-mula Microsoft mengembargo pemberitaan tersebut, tetapi kemudian mereka berubah pikiran dan menyatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa HoloLens telah siap untuk pre-order mulai hari ini : Senin, 29 Februari 2016!

Selain menyatakan soal pre-order dan tanggal rilis Microsoft HoloLens, yakni 30 Maret 2016, yang kebetulan bertepatan dengan hari konferensi para pengembang Microsoft Build di San Fransisko, mereka juga menjelaskan mengenai berbagai aplikasi dan game yang akan disertakan bersama produk tersebut. Microsoft HoloLens Development Edition diperkirakan akan dijual di kisaran US$ 3.000,00 atau sekitar Rp 40.185.000,00, dan hadir lengkap dengan:

– HoloStudio, yakni sebuah program yang memungkinkan para pengembang untuk membuat sumber daya 3D sekaligus memperkenalkan berbagai perintah dasar, seperti gaze, gesture, dan voice. HoloStudio sudah pernah didemokan sebelumnya di konferensi Microsoft Build 2015.
– Skype. Berbeda dengan aplikasi Skype biasa, Skype pada Microsoft HoloLens merupakan versi spesial yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan dunia holografis.
– HoloTour, yakni sebuah aplikasi yang menawarkan tampilan panorama 360 derajat dari berbagai tempat di dunia, termasuk Roma dan Machu Picchu. HoloTour mampu menciptakan impresi seolah-olah pengguna benar-benar berada dan berjalan di tempat tersebut, serta memiliki fitur suara 3D.

Mengenai Skype spesial yang disertakan dalam Microsoft HoloLens, wakil presiden perusahaan Microsoft, Kudo Tsunoda, mengatakan bahwa komunikasi semacam ini memiliki potensi yang amat besar, baik di dunia konsumen maupun bisnis. Metode komunikasi ini juga memungkinkan para pengembang untuk berkomunikasi satu sama lain melalui media hologram untuk berbagi tips dan trik.

Menurut bocoran, ada aplikasi lain yang bernama ActionGram, yang dikatakan merupakan suatu media storytelling holografis yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan konten hologram dengan setting dunia nyata, sehingga menciptakan suatu tampilan yang immersive dan realistis.

Microsoft mulai membuka pemesanan pre-order untuk sekitar 3.000 produk HoloLens hari ini sampai dengan tanggal rilis perdana nanti pada 30 Maret 2016.

Tertarik membeli?