Berita

Performa Lebih Kencang, Oppo A83 Kalahkan Oppo F5

Di akhir bulan Januari kemarin, Oppo Indonesia mulai memasarkan flagship terbarunya, Oppo A83. Smartphone seharga Rp 3 juta ini merupakan smartphone versi lebih murah dari seri F5 yang menjadi andalan Oppo saat ini. Lebih kencang, Oppo A83 kalahkan Oppo F5 apa buktinya? Ini dibuktikan dari hasil skor yang lebih banyak didapatkan oleh Oppo A83 dari pada Oppo F5.

Salah satu hasil benchmark Oppo A83 dan F5 kini cukup menarik untuk disimak. Bagaimana tidak, perangkat F5 yang memiliki spesifikasi dan harga jual lebih tinggi dibandingkan Oppo A83 justru mendapatkan skor lebih banyak. Oppo A83 sudah dapat dipesan di Indonesia yang dijual melalui salah satu situs online dan juga beberapa store resmi penjualan Oppo.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, kinerja Oppo A83 lebih tinggi dari Oppo F5. Ini bisa dilihat dari perangkat lunak benchmark AnTuTu, dimana nilai Oppo A83 berada di kisaran 80.000 poin. Sementara Oppo F5 menghasilkan nilai sekitar 60.000 poin.

Menurut Aryo Meidianto yang buka suara di ajang Media Experience Oppo A83 di Jakarta, Ini mungkin karena layar spesifikasi A83 berukuran 5,7 inci dan resolusi 720 x 1440 piksel. sedangkan Oppo F5 sendiri memiliki layar 6 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel, jadi kinerjanya juga bisa lebih tinggi.

Oppo A83 memiliki sejumlah perbedaan dari F5 yang terdiri dari tiga seri. Selain layar, kapasitas RAM, baterai, dan resolusi kamera A83 lebih kecil dari F5. Namun, dapur pacu A83 dan F5 keduanya memiliki sejumlah kesamaan prosesor octa-core 2.5GHz Helio P23, RAM 3GB dan memori internal 32GB. Selain itu terdapat kesamaan lainnya yakni spesifikasi kamera depan keduanya sebesar 13MP dengan aperture f/2.2.

Meski mampu menekuk “sang kakak” dalam tes benchmark, Aryo optimistis Oppo A83 tidak akan menggerus penjualan F5. Pasalnya, Oppo F5 masih memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh A83. Bagi Aryo, seri Oppo F5 diberi pemindai sidik jari dan layar yang lebih lebar, sehingga beberapa konsumen pasti masih akan condong ke F5.

Aryo juga menerangkan bahwa selama ini smartphone seri F menjadi andalan Oppo di Indonesia dengan kontribusi mencapai 60 persen dari total penjualan. Sementara itu, seri A hanya menyumbang 40 persen dari total penjualan.

Meski dengan hasil benchmark ini, Oppo A83 bisa dikatakan lebih tinggi dari Oppo F5. Namun, menurut Aryo, dia tetap optimis bahwa keduanya tidak akan merugikan target pasar masing-masing. Untuk A83 sendiri menargetkan konsumen lebih muda dengan usia rentan 17 sampai 25 tahun. Aryo juga menambahkan jika seri A dan F untuk perangkat Oppo ini memiliki perbedaan segmen. Untuk seri A sendiri di segmen menengah dan untuk seri F berada di segmen menengah ke atas.