Seputar Tekno

Perbedaan USB OTG dan USB Host

Jika melihat spesifikasi lengkap suatu smartphone, Anda mendapati ada smartphone yang memiliki fitur USB OTG dan ada yang punya fitur USB Host. Meski sama-sama berlabel USB, keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Universal Serial Bus On-The-Go atau USB OTG adalah spesifikasi perangkat seperti pemutar audio digital atau smartphone yang memungkinkan perangkat USB lain untuk bisa terhubung. Sebagai contoh, USB OTG dapat dihubungkan dengan USB flashdisk, kamera digital, mouse, dan keyboard. Fitur USB OTG akan memudahkan Anda untuk melakukan transfer data dari smartphone ke perangkat lain melalui sambungan kabel.

Perbedaan USB OTG dan USB Host

Bagaimana jika smartphone tidak memiliki fitur USB OTG?
Anda tetap dapat melakukan transfer data, namun membutuhkan bantuan perangkat lain yang berperan sebagai media penghubung, seperti laptop atau komputer. Misalnya Anda ingin memindahkan file dari flashdisk ke smartphone, caranya adalah Anda terlebih dulu memindahkan file tersebut dari flashdisk ke laptop atau komputer, baru kemudian memindahkannya ke smartphone dengan kabel USB.

Perbedaan yang akan dialami jika smartphone support dengan USB OTG adalah Anda tidak memerlukan bantuan media penghubung sehingga Anda bisa langsung memindahkan file atau data dari flashdisk ke smartphone secara langsung. Tentunya, USB OTG menjadikan pekerjaan Anda menjadi lebih praktis. Fitur ini memungkinkan smartphone untuk membaca atau mendeteksi perangkat eksternal.

USB OTG adalah fitur pendukung yang merupakan kombinasi antara hardware dan software. USB OTG bukanlah aplikasi yang dimiliki smartphone. Dan tidak semua smartphone support dengan fitur ini. Aspek finansial biasanya menjadi pembeda dimana smartphone dengan USB OTG harganya lebih tinggi daripada smartphone tanpa USB OTG. Akan tetapi, Anda akan memperoleh kemudahan sehingga tidak perlu lepas-sambung dengan laptop atau komputer untuk sekadar memindahkan data.

Lalu, apa perbedaannya dengan USB Host?
USB Host adalah sebuah fitur yang membuat smartphone atau perangkat dengan fitur tersebut mampu mengenali semua perangkat USB, baik flashdisk, kamera digital, mouse, dan keyboard, termasuk modem jika memang support dengan software-nya. Dalam hal prosedur pengiriman data antar perangkat elektronik, protokol yang digunakan USB Host lebih luas daripada USB OTG.

USB OTG bisa berfungsi sebagai penerima atau pemberi perintah, USB OTG bisa berkedudukan sebagai USB Host atau menjadi perangkat USB biasa. USB Host memungkinkan smartphone dapat berperan sebagai “host” atau tuan rumah untuk mengontrol perangkat lain dimana sebelumnya peran host hanya dimiliki laptop atau komputer. Sejak launching Android 3.1 Honeycomb, fitur USB Host mulai diperkenalkan.

Smartphone yang support dengan USB OTG biasanya support juga dengan USB Host. Kemungkinan besar, berlaku pula kebalikannya meski beberapa perangkat tertentu yang support USB Host tidak mendukung USB OTG. Sejumlah aplikasi di Google Play Store dapat membantu Anda untuk memastikan apakah smartphone support dengan fitur tersebut, seperti Easy OTG Checker, USB Host Check, USB OTG Checker, dan lain-lain.

USB OTG dan USB Host kelihatannya sama, namun berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada protokol yang digunakan. Secara definitif, USB Host memiliki pengertian yang lebih luas daripada USB OTG. Atau dengan istilah lain, USB Host adalah sistem dan USB OTG adalah alat. Kedua fitur ini memang kerap membuat rancu, akan tetapi aplikasinya dapat saling melengkapi satu sama lain. Sebagai suatu perangkat keras, baik USB OTG maupun USB Host sama-sama melibatkan peran software untuk bisa dijalankan.

Semoga bermanfaat!