Seputar Tekno

Perbedaan Sensor Retina Galaxy Note 7 dan Lumia 950

Samsung Galaxy Note 7 hadir dengan pemindai iris mata atau sensor retina. Namun ternyata, fitur tersebut bukanlah hal baru di dunia smartphone. Sebab sebelumnya, sensor retina telah digunakan lebih dulu oleh Microsoft Lumia 950 yang rilis November 2015. Baik seri Galaxy Note 7 maupun Lumia 950, keduanya memiliki cara penggunaan pemindai iris mata yang sama, yaitu pengguna tinggal menghadapkan smartphone di depan kedua mata.

Perbedaan Sensor Retina Galaxy Note 7 dan Lumia 950

Lalu, di mana letak perbedaan keduanya?
Samsung Galaxy Note 7 memiliki lebih banyak syarat untuk bisa digunakan. Jadi, pengguna tidak hanya memposisikan ponsel pintar di depan mata saja, tetapi juga harus memperhatikan syarat lainnya. Syarat yang pertama adalah pengguna sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak atau kacamata ketika pemindaian iris dilakukan. Bagi pengguna yang punya riwayat pelengkungan kornea melalui operasi lasik mata, Samsung tidak menyarankan penggunaan sensor retina. Begitu pula pengguna yang sedang mengalami sakit mata.

Syarat berikutnya yang perlu diperhatikan adalah tingkat pencahayaan di ruangan sekitar. Samsung menyarankan tingkat pencahayaan yang cukup, dalam artian tidak minim cahaya. Penggunaan sensor retina milik Galaxy Note 7 dalam kondisi temaram cukup sulit dilakukan karena sensor dikhawatirkan sulit mengenali mata, sama halnya ketika mata sedang kurang sehat, baru saja operasi, atau menggunakan penghalang seperti syarat pertama.

Bagaimana dengan sensor retina milik Lumia 950?
Penggunaan sensor retina pada smartphone keluaran Microsoft ini lebih praktis. Sebab, tidak ada syarat apapun seperti pada penggunaan Galaxy Note 7. Ketika memakai lensa kontak atau kacamata, pemindaian tetap bisa dilakukan. Bahkan, saat pengguna sedang memakai kacamata hitam, sensor retina masih bisa mengenalinya. Untuk tingkat pencahayaan ruang sekitar, Lumia 950 sama sekali tidak menemui kendala. Lebih ekstrim, dalam kondisi yang benar-benar gelap, pemindai iris mata Lumia 950 tetap bekerja tanpa sedikitpun bermasalah.

Sensor retina merupakan fitur menarik sebuah perangkat pintar. Fitur pemindai ini bekerja menggunakan sensor inframerah yang terletak di bagian bodi perangkat pintar. Sensor akan mendeteksi pola retina di bola mata pengguna. Selama sudah terdaftarkan, smartphone bisa membuka kunci dengan cepat, dalam hitungan sepersekian detik, seperti halnya sensor sidik jari. Berbeda dengan sidik jari, pengguna hanya bisa mendaftarkan satu pola retina.