Seputar Tekno

Perbedaan Internet, Intranet, Ekstranet, dan Ethernet

Mungkin saat ini Sobat Gaptex masih bingung membedakan antara internet, intranet, ekstranet, dan ethernet. Dari keempat istilah ini, memang sama-sama digunakan untuk bertukar komunikasi dari satu tempat ke tempat lainnya yang jaraknya saling berjauhan. Bahkan, dengan adanya internet, Anda juga bisa memperoleh informasi dengan mudah. Namun, apa yang menjadi perbedaan internet, intranet, ekstranet, dan ethernet itu?

Supaya Anda paham apa yang membedakan antara keempat istilah di atas, mari simak penjelasannya di bawah ini:

1. Internet
Siapa yang tidak tahu dengan internet? Secara harfiah, internet adalah koneksi jaringan global yang menghubungkan seluruh PC di dunia walaupun berbeda mesin dan sistem operasinya. Teknologi komunikasi data dari internet sendiri ialah dari berbagai model dan platform, tapi tetap saling terhubung dengan protokol TCP/IP dan aplikasi berbasis web.

2. Intranet
Intranet merupakan singkatan dari Intra Network yang berarti sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, namun hanya digunakan dalam lingkungan perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data layaknya internet. Bahkan, warnet (Warung Internet) pun bisa dikategorikan sebagai intranet.

3. Ekstranet
Ekstranet hampir sama dengan intranet, hanya saja jaringan komunikasi antara dua institusi untuk kepentingan bisnis tertentu. Walaupun komunikasi datanya masih menggunakan jaringan yang sama dengan internet, tapi bersifat tertutup sehingga hanya yang berkepentingan saja yang bisa terhubung.

Teknologi ekstranet sering kita kenal dengan istilah VPN atau Virtual Private Network. Bisa dikatakan ekstranet ialah keadaan dimana sebuah perusahaan yang mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas luar. Ekstranet juga tidak disebarluaskan secara publik untuk menjadikan untuk intranet sebagai ekstranet.

4. Ethernet
Sementara itu, ethernet berbeda konsep dengan ketiga jaringan komunikasi di atas. Ethernet adalah hardware atau perangkat keras. Perangkat ini berupa card yang dipasang pada PC agar PC dapat terhubung dengan jaringan atau kabel LAN. Jadi, ethernet bisa dikatakan salah satu media komunikasi yang dipasang dalam CPU pada PCI slot. Ethernet juga berguna untuk menghubungkan kabel dalam jaringan yang memungkinkan terjadinya koneksi internet, intranet dan ekstranet.