Seputar Tekno

Perbedaan Antara Http dan Https

HTTP dan HTTPS, kedua tulisan yang sekilas nampak sama, namun tahukah Anda jika antara kedua tulisan tersebut jelas berbeda? Perbedaannya terletak pada huruf ‘s’ yang terdapat pada https. Tapi, perbedaannya tidak sesimple itu saja. Huruf ‘s’ itu sendiri memiliki arti sehingga menjadi pembeda antara http dan https.

Perbedaan Antara Http dan Https

HTTP merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol, yang artinya suatu protokol yang digunakan oleh www dimana http itu memberikan definisi terhadap bagaimana pesan tersebut dapat sampai dan diformat dari server menuju klien. HTTP ini merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan antara jaringan komputer klien dengan web server.

HTTP memungkinkan informasi yang ada pada internet bisa dengan mudah dan cepat serta akurat untuk disebarluaskan antara server sebagai penyimpan informasi dengan klien sebagai pengakses informasi tersebut. Umumnya, HTTP digunakan untuk akses halaman HTML. Pada kenyataannya, banyak klien yang saling bertukar informasi rahasia dengan server sehingga perlu tingkat keamanan yang tinggi agar informasi rahasia tersebut tidak dapat diakses oleh pihak ketiga yang tidak sah. Karena itulah Netscape mengembangkan ‘secure http’ yang dikenal dengan ‘https’.

HTTPS merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, suatu protokol yang dipakai oleh www dimana https itu memberikan definisi terhadap bagaimana pesan disampaikan dan diformat dari server menuju klien dengan sangat aman. Https memiliki fungsi keamanan yang lebih tinggi dibanding Http. Saat Anda sebagai klien memberikan informasi pada pihak kedua (website) dengan menggunakan https, maka informasi tersebut tidak dapat diakses oleh pihak ketiga, berbeda dengan Http dimana pihak ketiga masih dapat mengambil informasi yang kita transfer pada server atau website.

Https bekerja dengan cara mentransmisikan interaksi normal http melalui sistem terenkripsi. Hal itulah yang menyebabkan informasi tidak dapat diakses oleh pihak lain selain klien dan server. Biasanya Https digunakan dalam beberapa situasi seperti untuk login situs perbankan, mengisi formulir, log-on perusahaan, serta aplikasi lainnya yang harus dipastikan keamanannya.

Http dan Https juga memiliki perbedaan untuk urusan penggunaan port default pada kedua kode tersebut. Http menggunakan port default dengan angka 80, sedangkan Https sendiri menggunakan port default dengan angka 443. Penggunaan kode yang berbeda tersebut tentu mempengaruhi tingkat keamanan antara Http dan Https.