Seputar Tekno

Pengertian UDP (User Datagram Protocol)

UDP atau singkatan dari User Datagram Protocol merupakan bagian dari internet protokol. Dengan menggunakan UDP, aplikasi komputer bisa mengirimkan pesan kepada komputer lain dalam jaringan yang lain pula tanpa melakukan komunikasi awal. Secara umumnya, UDP adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang unreliable atau tidak andal, tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.

Pengertian UDP (User Datagram Protocol)

UDP menjalankan komunikasi secara sederhana dengan mekanisme yang sangat minimal. Ada proses yang disebut checksum untuk menjaga integritas data. UDP juga digunakan dalam komunikasi yang sederhana seperti query DNS (Domain Name System), NTP (Network Time Protocol), DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol), dan RIP (Routing Information Protocol).

Beberapa karakteristik dari UDP ialah sebagai berikut:

· Connectionless atau tanpa koneksi, pesan UDP akan dikirimkan tanpa melakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang ingin bertukar informasi
· Unreliabele atau tidak andal, artinya pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut.
· UDP menyediakan perhitungan checksum 16-bit artinya bila checksum tidak sesuai maka program jaringan akan menolak datagram tanpa memberitahukannya kepada pengirim atau penerima.
· Pengirim pesan UDP harus membuat paket datagram dengan mengirimkannya ke proses yang dituju. Setiap paket yang dibentuk memberikan informasi mengenai alamat IP dan port untuk setiap pesan yang dikirim.
· Sedangkan penerima harus menguraikan paket datagram tersebut agar ia mengetahui isi pesan yang dikirim
UDP sering digunakan dalam beberapa tugas misalnya:
· Protokol yang ringan (lightweight) untuk menghemat sumber daya memori dan processor
· Protokol lapisan aplikasi yang mengimplentasikan layanan transfer data yang andal, contoh dari protokol tersebut adalah Trivial File Transfer Protocol (TFTP) dan Network File System (NFS)
· Protokol yang tak perlu keandalan, contohnya protokol Routing Information Protocol (RIP)
· Transmisi broadcast karena UPD memang protokol yang tak perlu membuat koneksi terlebih dahulu dengan host tertentu, sehingga transmisi broadcast pun dapat terjadi. Hal ini berbeda dengan protokol TCP yang hanya dapat mengirimkan transmisi one-to-one. Contoh: query nama dalam protokol NetBIOS Name Service.