Seputar Tekno

Pengertian Lintas Platform

Cross-platform atau lintas platform merupakan istilah dalam teknologi infomasi mengenai sebuah software (perangkat lunak) yang bisa digunakan dalam beberapa sistem operasi yang berbeda-beda seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, Android, dan lain-lain. Umumnya perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk lintas platform adalah perangkat lunak bebas. Adapun contoh perangkat lunak tersebut yaitu Apache HTTP Server, MySQL, dan PHP.

Pengertian Lintas Platform

Berbeda pula dengan jenis platform biasa dalam konteks teknologi adalah sebuah perangkat lunak yang berkesesuaian dengan perangkat tertentu. Misalnya, sebuah software yang dimiliki oleh platform iOS, berarti software tersebut hanya bisa di install pada perangkat Apple. Platform sekaligus meliputi sistem operasi, arsitektur komputer, bahasa pemrograman, dan runtime library yang dimilikinya.

Salah satu software yang memiliki kemampuan lintas platform adalah PHP. PHP atau Hypertext Preprocessor ialah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML serta dijalankan pada server side, sehingga semua sintaks yang diberikan akan dijalankan pada server sepenuhnya, sedangkan yang dikirimkan kepada browser hanya berupa hasil. PHP juga termasuk ke dalam software open source (http://spaceku.com/pengertian-open-source-dalam-dunia-software/) di bawah naungan GNU (General Public License), yang dapat di download gratis melalui situs resminya.

Berikut ini beberapa kelebihan-kelebihan dari PHP yaitu:
· Mudah dibuat dan berkecepatan tinggi
· Dapat berjalan lintas platform, yang berarti mampu berjalan dalam sistem operasi dan web server apapun
· Gratis
· Dapat diletakkan dalam tag HTML
· Termasuk server side programming, sehingge source kode PHP tidak bisa dilihat pada browser pengguna
· Mampu memanfaatkan sumber-sumber aplikasi yang dimiliki oleh server, misalnya untuk keperluan koneksi database
· Dapat melakukan semua aplikasi program CGI, contohnya untuk mengambil nilai form, menghasilkan web dinamis, menerima serta mengirimkan cookies
· Mendukung layanan komunikasi melalui protokol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP dan sebagainya.

Selain itu, PHP dapat berdampingan dengan MySQL sebagai database untuk memudahkan pengguna dalam hal membuat website menjadi dinamis. Sebab bila Anda hanya menggunakan PHP, prosesnya sangat panjang dan rumit karena Anda harus menuliskan seluruh syntak yang akan dibuat dalam sebuah website. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan juga bantuan dari MySQL yang dapat digunakan untuk menambah, menghapus atau bahkan merubah seluruh data sesuai dengan yang dibutuhkan.