Seputar Tekno

Pengertian Kindle

Kindle merupakan e-reader portabel yang dikembangkan oleh Amazon.com. Kindle memungkinkan Anda untuk men-download dan membaca buku digital, koran, majalah, dan publikasi elektronik lainnya. Kindle juga termasuk built-in speaker dan headphone jack untuk mendengarkan audiobooks atau background music. Aplikasi perangkat lunak Kindle ini dapat digunakan di Microsoft Windows, iOS, Blackberry, dan Mac OS X (versi 10.5 ke atas) dan Android.

Pengertian Kindle

Kindle pertama dirilis pada bulan November 2007 dan beberapa versi update telah dirilis sejak saat itu. Setiap Kindle, kecuali Kindle Fire, menggunakan layar jenis khusus yang disebut “E Ink” atau kertas elektronik. Tidak seperti layar laptop atau monitor komputer seperti biasanya, E Ink memiliki tampilan monokrom dan tidak memiliki backlight. Sebaliknya, ia memiliki latar belakang berwarna terang dan teks dan gambar ditampilkan dalam grayscale. Hasilnya tampilan seperti kertas yang dapat dilihat di bawah sinar matahari cerah.

Kelebihan lain yang dimiliki kindle adalah adanya build in dictionary sehingga kita bisa langsung mengetahui makna dari kata dalam bahasa Inggris yang belum kita ketahui maknanya. Seperti aplikasi pembaca e-book di smartphone atau komputer, kita juga bisa memberikan highlight untuk kalimat yang menggugah atau menarik dan juga bisa memberikan catatan pribadi untuk highlight tersebut.

Anda dapat men-download konten ke Kindle menggunakan koneksi Wi-Fi (tersedia pada kindle yang dirilis pada tahun 2010 atau sesudahnya) atau jaringan 3G Whispernet milik Amazon. Jaringan Whispernet ini adalah layanan gratis yang disediakan oleh Amazon.com untuk pengguna Kindle dan tidak memerlukan langganan nirkabel. Amazon.com juga menyediakan “Whispersync” yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi data antara beberapa perangkat Kindle tanpa menggunnakan kabel.

Sementara itu, Kindle awalnya dirancang sebagai e-reader dasar, setiap iterasi telah menyediakan fungsionalitas lebih. Sebagai contoh, versi terbaru dari Kindle termasuk browser web, yang memungkinkan Anda untuk melihat situs. Kindle Fire, yang diperkenalkan pada September 2011, sama seperti tablet sebagai e-reader, karena memiliki layar sentuh warna dan berjalan dengan sistem operasi Android. Pengguna Kindle Fire juga dapat men-download aplikasi langsung dari Amazon.com AppStore.