Seputar Tekno

Pengertian Bitrate

Apakah Anda hobi mendengarkan musik lewat PC? Jika sering, coba perhatikan file MP3 tersebut. Anda dapat menemukan nilai bitrate dari file musik itu yang biasanya terdiri dari 64 Kbps, 128 Kbps, 320 Kbps dan seterusnya. Dari nilai-nilai ini, bisa disimpulkan semakin tinggi nilai bitrate-nya, maka file MP3 akan semakin halus dan detail saat diputar. Demikian juga dengan file video digital. Nilai bitrate yang tinggi menunjukkan gambar semakin jernih dengan audio yang bagus pula.

Pengertian Bitrate

Dari gambaran sekilas yang diberikan, Anda pasti sudah ada bayangan tentang apa itu bitrate. Kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian bitrate sendiri sehingga menambah pengetahuan Sobat Gaptex terkait di bidang teknologi. Menurut istilah, bitrate digunakan untuk menggambarkan jumlah data yang di olah dalam jumlah waktu tertentu. Tergantung dengan konteksnya, pengukuran dari bitrate biasanya menggunakan satuan Kilobyte per second (Kbps) dan Megabyte per second (Mbps).

Apapun unit yang sedang di ukur, namun kesimpulannya tetap sama karena semakin tinggi angka bitrate tersebut, maka semakin cepat atau tinggi pula kualitas file-nya. Tetapi sebagai catatan, angka bitrate yang rendah akan membuat minim beban pada hardware perangkat Anda, sehingga lebih efektif untuk smartphone atau tablet.

Bitrate banyak macam-macamnya, seperti bitrate pada internet, bitrate pada video dan audio digital, dan bitrate pada hard drive atau SSD. Dalam kaitannya dengan internet, pastinya bitrate yang tinggi maka mengirimkan konten dari atau ke internet akan lebih cepat. Dengan bitrate yang tinggi, Anda juga dapat melakukan banyak hal dengan koneksi internet yang kencang. Sebagai contohnya menonton video HD, bermain game online, atau mendownload file-file dengan memori besar.

Dalam konteks video dan audio digital, bitrate mempunyai definisi yang sedikit berbeda. Di sini, bitrate mengacu pada jumlah data yang tersimpan setiap detiknya pada media yang dimainkan. Seperti pada file musik dengan ukuran 320 Kbps pastinya suara yang dihasilkan lebih jernih dibandingkan 128 Kbps. Hal yang sama juga berlaku pada video. Karena bitrate yang lebih tinggi membuat pemrosesan data lebih cepat dalam jangka waktu yang sama dan ukuran data lebih besar.