Seputar Tekno

Pengertian Backlink

Di dalam SEO atau Search Engine Optimization, Backlink merupakan peranan penting. Namun banyak yang belum tahu apa itu Backlink? Dan bagaimana manfaat dari Backlink itu sendiri? Peranan Backlink tak dapat di anggap remeh apalagi untuk Anda yang baru saja menjadi blogger. Sebagai blogger pemula, Anda harus mengetahui pengertian Backlink, tujuannya, manfaat, dan cara membuat Backlink. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara rinci mengenai Backlink.

Pengertian Backlink

Backlink bisa juga disebut dengan link masuk, inbound link, inlink dan link balik, adalah sebuah link yang masuk ke salah satu situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, Backlink dikenal sebagai cara mempromosikan situs atau blog tertentu agar blog tersebut di akui oleh mesin pencari (search engine). Jumlah Backlink menjadi salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website.

Beberapa mesin pencari termasuk Google, akan mempertimbangkan sebuah website dengan Backlink yang relevan dalam hasil halaman pencarian. Semakin banyak jumlah Backlink, maka semakin tinggi kesempatan menjadi salah satu website peringkat satu di Google Search. Umumnya, Backlink berupa kata kunci atau keywords yang berisikan hyperlink mengarah pada halaman web tertentu. Backlink dapat tertanam di sebuah artikel atau hanya berupa hyperlink statis pada website lain.

Beberapa manfaat pokok yang berasal dari Backlink di antaranya sebagai berikut ini:
· Meningkatkan posisi blog atau website pada search engine result page
· Mempertahankan posisi blog atau website pada search engine result page
· Meningkatan ranking blog atau website

Di lihat dari tiga manfaat Backlink di atas, terlihat jelas efeknya yang memiliki peranan besar dan menjadi nilai mahal dalam SEO. Google juga menambahkan bahwa salah satu faktor penilaian terhadap populernya blog atau situs website dipengaruhi oleh Backlink. Apalagi bila jenis Backlink tersebut direkomendasikan oleh pihak Google sendiri yang tentunya sangat baik untuk Search Engine. Backlink sendiri terdapat tiga jenis yang bisa dibagi menjadi:

1. Backlink satu arah : Link yang di dapat dari sebuah web atau blog bersifat sementara sehingga situs Anda tidak memberikan link ke web atau blog tersebut, contohnya ketika Anda memberikan komentar di web atau blog lain.

2. Backlink dua arah : artinya kedua pemilik blog atau website saling memberikan dan bertukaran link, dimana situs Anda memberikan link ke situs orang lain dan sebaliknya.

3. Backlink tiga arah : Link terbentuk dari tiga buah situs. Contohnya situs A memberikan link ke situs B, kemudian dari situs B ini memberi link ke situs C, dan Situs C memberi link lagi ke situs A. Backlink jenis ini sulit di dapat kecuali blogger menggunakan jasa SEO resmi untuk menciptakan link tiga arah tersebut.