Berita

Peluncuran Satelit Telkom 3S Akan Diluncurkan Besok

Tersebar kabar bahwa Telkom akan segera meluncurkan satelit baru untuk Indonesia yang diberi nama Satelit Telkom 3S. Peluncuran satelit baru ini diharapkan oleh berbagai kalangan termasuk para penduduk smart city alias kota pintar. Apalagi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berdoa agar peluncuran satelit Telkom 3S ini berhasil dilakukan dan dapat menembus orbit.

Peluncuran Satelit Telkom 3S Akan Diluncurkan Besok

Satelit Telkom 3S dibuat khusus oleh Perusahaan asal Prancis, Thales Alenia Space sebagai perusahaan pilihan dari Telkom. Perusahaan Thales sendiri bukannya pertama kali memproduksi satelit untuk perusahaan Indonesia karena pada tahun 2009 silam, Thales Alenia Space juga menjadi tempat pembuatan satelit Palapa D milik Indosat.

Rencananya satelit Telkom 3S akan diluncurkan dari Guiana Space Center, Kourou, Guyana, Amerika serikat pada tanggal 14 Februari 2017 waktu setempat antara pukul 06.39 dan 08.05 atau UTC 21.39 dan 23.05 pm. Sementara di Indonesia, peluncuran satelit tersebut diperkirakan tanggal 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB. Selain itu, satelit Telkom 3S nantinya akan ditempatkan pada slot orbit 118 derajat bujur timur yang sebelumnya tempat oleh satelit Telkom 2. Karena itulah satelit Telkom 2 yang masih aktif hingga tahun 2022 dipindahlan ke slot orbit 157 Bujur Timur.

Satelit Telkom 3S akan diluncurkan melalui roket yang nantinya diterbangkan di ketinggian 36.000 km dari atas permukaan Bumi. Satelit besutan Indonesia ini ternyata tidak akan terbang sendirian karena Arianespace juga akan meluncurkan satelit SKY Brasil-1 milik DirecTV Latin America. Arianespace menyebutkan misi peluncuran untuk Telkom 3S diberi nama Flight VA235 dengan menggunakan roket Ariane 5. Mereka juga akan memaparkan time table sebanyak kegiatan 11 jam dari sebelum peluncuran hingga misi dinyatakan berhasil. Pada tanggal 6 Februari kemarin, satelit milik Telkom ini telah selesai di isi bahan bakarnya.

Satelit Telkom 3S merupakan satelit pertama dari Telkom yang telah dilengkapi spektrum Ku-band. Satelit ini juga diperkirakan memiliki masa operasi selama 17,6 tahun dengan masa aktif 15 tahun. Bukan hanya itu, satelit Telkom 3S memiliki kapasitas 42 transponder yang terdiri atas 24 transponder C-Band, 8 transponder extended C-Band dan 10 transponder Ku-band.

Peluncuran satelit terbaru di Indonesia yang bertajuk Telkom 3S ini sebagai antisipasi meningkatnya permintaan dan dukungan atas pencapaian tujuan TIMES atau Telekomunikasi, Informasi, Media, Edutainment, dan Services. Satelit Telkom 3S juga sebagai pembuktikan akan pertumbuhan teknologi komunikasi di Indonesia.