Berita

Patuhi Aturan TKDN, Samsung Rakit Galaxy S7 di Indonesia

Kabar baik bagi Anda pecinta Samsung. Pasalnya, kabar yang beredar mengatakan bahwa Samsung Galaxy S7 akan segera beredar di Indonesia. Sama seperti Galaxy S6, Samsung Galaxy S7 juga akan diproduksi di tanah air. Hal tersebut dilakukan karena pemerintah memang telah membuat aturan berupa Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Patuhi Aturan TKDN, Samsung Rakit Galaxy S7 di Indonesia

Samsung merupakan salah satu brand yang patuh pada peraturan pemerintah Indonesia. Karena itulah, untuk menjaga aturan TKDN, Samsung bersedia produknya diproduksi di Indonesia. Hal tersebut juga diutarakan langsung oleh Vebbyna Kaunang selaku Marketing Director Mobile Division. Vebbyna mengatakan kalau Samsung tidak pernah memiliki isu terkait aturan TKDN. Mereka selalu mengikuti aturan pemerintah bahkan sejak awal Samsung memang telah ditawarkan untuk membuka pabrik di tanah air.

Ia juga menambahkan, demi mengikuti aturan pemerintah, berapa pun persentase kandungan lokal yang harus ada di handset 4G yang mereka edarkan di Indonesia, Samsung siap memenuhinya. “Kita akan mengikuti apa yang menjadi aturan pemerintah, jadi benar-benar disuruh berapa, 30% kandungannnya misalnya atau whatever the percentage, kita akan penuhi” ujarnya.

Pemenuhan aturan TKDN itu dapat diambil dari sisi produksi maupun softwarenya. Dikatakan juga bahwa pihak Samsung juga mengembangkan aplikasi-aplikasi Indonesia. Samsung memiliki banyak developer tanah air yang memang mampu mengerjakan dan mengembangkan produk besutan Samsung.

Aturan TKDN sendiri memang belum pada puncaknya. Beberapa vendor lain masih memilih untuk bermitra saja dengan manufaktur lokal. Mereka belum tergerak untuk memiliki pabrik sendiri di Indonesia. Mengetahui hal tersebut, Samsung tetap tidak menyesal membangun pabrik sendiri di tanah air.

Kini Samsung telah memiliki pabrik ponsel yang terletak di Cikarang. Pabrik tersebut telah berdiri sejak tahun 2015 lalu. Hampir semua produk Samsung yang dijual di pasar tanah air diproduksi di sana. Misalnya saja Samsung Galaxy Grand Prime, Galaxy Note 4, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy Tab S, Galaxy Tab S2, Galaxy Tab A, dan nanti akan menyusul Samsung Galaxy S7.