Tips & Trik

Panduan Menggunakan Kamera GoPro

Anda pastinya sudah akrab dengan salah satu kamera kecil yang saat ini sedang digandurungi para pencinta foto yakni kamera GoPro. Kamera GoPro banyak digunakan sebagai alat pengambilan foto atau video yang dapat denga mudah dibawa kemana saja. Selain itu, kamera GoPro umumnya memiliki kelebihan pada resolusi kameranya yang sangat baik yaitu 4K atau 3840 x 216 piksel.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang kamera GoPro
– Seri-seri kamera GoPro
– Panduan menggunakan kamera GoPro

Sebelumnya kami pernah membahas apa itu kamera GoPro dan kini kami jelaskan secara singkat bahwa kamera GoPro merupakan action camera yang digunakan untuk aktivitas di luar ruangan. Bahkan jika Anda merupakan salah satu orang yang senang beraktivtas olahraga ekstrim atau suka berpergian, pastinya memiliki kamera GoPro merupakan hal yang wajib untuk mengabadikan setiap momen Anda.

Perusahaan GoPro Inc, merupakan perusahaan kamera GoPro yang telah lama berdiri sejak tahun 2002 dan hingga kini GoPro Inc. telah banyak berinovasi dan membuat produk andalan mereka seperti dikutip dari Detik.com, GoPro Hero 5 Black, GoPro Hero 6, dan Drone GoPro Karma.

Mungkin bagi para fotografer yang sudah andal dan profesional tentu sudah tahu bagaimana tips dan trik untuk menggunakan kamera GoPro ini guna menghasilkan gambar atau video yang maksimal. Namun bagi orang awam, saat menggunakan kamera GoPro tidak mengatahui panduannya dalam mengambil gambar atau video pasti mereka akan kesulitan mendapatkan hasil foto atau video yang bagus. Oleh karena itu, di bawah ini panduan menggunakan kamera GoPro yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain sebagai berikut:

Sesuaikan Format Pengambilan Gambar
Tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengambil foto atau video dengan posisi kamera GoPro vertikal, meskipun selama ini banyak pengguna GoPro menggunakan kameranya dengan posisi horizontal. Dengan posisi vertikal ini diharapakan akan menghasilkan gambar atau video Anda yang bagus dan berbeda.

Memilih Sudut Pandang Foto yang Tepat
Pengambilan foto atau sudut pandang yang tepat akan menghasilkan foto yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan komposisi foto yang Anda inginkan untuk memilih subjek dan latar belakang yang sesuai, sehingga foto yang akan Anda ambil akan terlihat memuaskan.

Hubungkan GoPro dengan Smartphone
Anda dapat menggunakan bantuan ponsel cerdas Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan sudut pandang yang paling tepat. Dengan menghubungkannya ke smartphone, akan membantu Anda dalam menentukan posisi yang tepat. Untuk menghubungkan kamera GoPro dengan smartphone Anda dapat menggunakan koneksi Wi-Fi.

Durasi Pendek Saja
Jika Anda ingin mengambil video menggunakan kamera GoPro, Anda harus menggunakan durasi video pendek dan tetap mempertahankan ketajaman objek yang ditargetkan. Sehingga tidak membuat orang yang menonton video Anda merasa bosan karena durasinya tidak terlalu lama.

Gunakan Aplikasi Antix Editor GoPro Video
Jika Anda menggunakan aplikasi Antix GoPro ini Anda tidak perlu repot lai dalam melakukan pengeditan pada foto yang Anda ambil. Karena aplikasi GoPro Antix ini akan secara otomatis mengambil gerakan objek foto yang menakjubkan dan akan menggabungkannya menjadi sebuah video.

Update Firmware GoPro dengan Baterai yang Penuh
Sebelum Anda memperbarui frimware di GoPro, Anda harus memperhatikan dulu kondisi baterai kamera GoPro Anda, karena ketika Anda memperbarui firmware GoPro Anda, tetapi tiba-tiba GoPro Anda mati karena kehabisan baterai sebelum proses pembaruan selesai, maka hal itu dapat menyebabkan GoPro Anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu ketika Anda akan memperbarui firmware pastikan baterai GoPro Anda terisi penuh.

Pilih Kartu Memori yang Kompatibel dengan Kamera GoPro
Jika memori Anda tidak kompatibel dengan kamera GoPro Anda maka kamera GoPro Anda akan mengalami masalah. Umumnya, gambar yang Anda simpan akan tersendat dan jika buffer GoPro sudah habis maka proses recording akan berhenti secara otomatis ketika memori yang Anda pilih memiliki kecepatan writing yang kecil. Maka sebaiknya pilih memori yang kompatibel dengan kamera GoPro.

Gunakan USB Charger Berkualitas
Gunakan pengisi daya USB yang aman dan terjamin kualitasnya seperti USB Charging yang berasal dari PC. Karena salah dalam hal ini dapat berakibat rusaknya firmware pada kamera GoPro Anda.

Hapus Command Script di Memory Card
Anda harus segera menghapus command script di kartu memori setelah Anda memperbarui firmware, karena jika hal tersebut tidak dilakukan maka pada saat Anda menghidupkan kamera GoPro proses update firmware akan berlanjut, dan itu akan menguras baterai serta dapat menyebabkan kerusakan pada kamera GoPro Anda.

Itulah tadi beberapa panduan menggunakan kamera GoPro yang dapat Anda terapkan saat menggunakan si kamera kecil ini. Semoga bermanfaat Sobat.