Berita

Oppo Remi Rilis Teknologi 5X Dual-Camera Zoom

Pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2017, pabrikan Oppo resmi meluncurkan teknologi kamera terbaru yang dinamakan 5X Dual-Camera Zoom. Inovasi ini diklaim sebagai besutan pertama kalinya di dunia yang mengusung teknologi dual-camera dengan struktur periskop. Namun sayangnya, Senior Product Planning Manager Mepo Lou menyebutkan bahwa setiap teknologi yang baru dirilis belum tentu akan segera hadir. Dari pihak Oppo sendiri, mereka tidak ingin terburu-buru karena masih banyak hal yang menjadi pertimbangan.

Oppo Remi Rilis Teknologi 5X Dual-Camera Zoom

Teknologi 5X Dual Camera Zoom tersebut telah dikembangkan hampir setahun lamanya dengan menurunkan 106 engineer. Lalu, kurang lebih 50 hak paten telah di ajukan oleh Oppo untuk mengusung teknologi ini. Oppo menempatkan dual kamera yang memakai lensa wide-angle dan lensa telephoto. Di dalam lens telephoto inilah disematkan struktur periskop.

Dengan adanya teknologi dual kemara, Oppo akan menghadirkan ponsel dengan kemampuan zoom 5X. Saat ini, kebanyakan smartphone yang mempunyai fitur dual kamera hanya mampu melakukan 2X zoom. Alhasil para pengguna nantinya bisa mengambil gambar landscape seutuhnya, close-up maupun portrait. Kemudian, Oppo juga menambahkan solusi Optical Image Stablilization (OIS) yang membuat kamera lebih mumpuni. Namun, Oppo menempatkannya di lensa telephoto, bukannya pada lensa wide-angle seperti pabrikan ponsel lain. Hal inilah yang membuat Oppo berbeda. Menurutnya, prisma dan lensa telephoto dapat menangkap getaran secara menyeluruh serta langsung mengatasinya. Sehingga akan menghasilkan gambar tetap jelas dan stabil bahkan di zoom sebanyak 5 kali.

Walaupun begitu, dual camera yang disematkan tidak membuat body ponsel Oppo menjadi besar. Dengan adanya perangkat berstruktur periskop ini, teknologi 5X hanya memiliki ketebelan sebesar 5.7 mm, yang bahkan lebih tipis dari ponsel lainnya. Meski teknologi tersebut terdengar sangat menarik, pihak Oppo masih merahasiakan kapan ponsel pertama mereka yang mengusung teknologi 5X Dual-Camera Zoom ini akan diluncurkan. Menurut Hardware Director Oppo Dr. King menambahkan setelah Oppo merilis teknologi baru, peluncuran perangkat yang menyematkan fitur tersebut akan disesuaikan dengan rencana marketing. Pihak Oppo sendiri sedang menunggu waktu yang tepat.