Berita

Oppo A83 Rilis, Desain Trendi & Fitur Mirip iPhone X!

Tahun 2018 di depan mata, membuat berbagai vendor smartphone semakin gencar meluncurkan produk mereka. Setelah Xiaomi yang meluncurkan Redmi 5A, kali ini perusahaan satu asal, Oppo, merilis A83 yang mengusung desain trendi dan fitur mirip iPhone X. Perangkat ini memang sudah ramai dibicarakan sejak beberapa minggu lalu karena Oppo A83 tidak memakai pemindai sidik jari untuk membuka smartphone.

Sebagai gantinya, Oppo menghadirkan fitur keamanan face unlock berdasarkan wajah pengguna. Sistem kerjanya pun kurang lebih sama dengan fitur FaceID pada iPhone X besutan Apple. Meskipun beberapa fitur iPhone X yang meniru Android, namun smartphone satu ini laris manis dipasaran global, termasuk Indonesia.

Salah satu kelebihan iPhone X dari smartphone lainnya yaitu fitur FaceID sehingga pengguna bisa membuka kunci layar hanya menggunakan wajahnya saja. Mengikuti jejak itu, Oppo A83 juga diklaim mampu mengidentifikasi 128 komponen wajah dan membuka smartphone hanya dalam 0.18 detik saja. Kalaupun benar, kemampuan FaceID lebih andal daripada OnePlus 5T yang memerlukan waktu lima detik untuk membuka smartphone.

Mengenai desain, memang bukan menjadi hal baru karena Oppo A83 memiliki bentuk khas seperti smartphone Oppo lainnya. Namun jika dilihat secara seksama, smartphone kelas mid-range ini mengusung layar kekinian dengan bezel tipis dan aspek rasio 18:9 yang sedang trend di kalangan ponsel flagship. Layarnya berukuran 5,7 inch dengan resolusi HD 1440 x 720 pixel yang dijamin mampu menampilkan layar jernih dan tajam.

Beralih ke dapur pacu, Oppo A83 tentu saja mengandalkan chipset kelas menengah ke atas yaitu prosesor Octa Core Helio P23 dengan kecepatan clok 2.5 GHz. Memori penyimpanannya pun terbilang standar yaitu 32 GB yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Untuk urusan fotografi, perangkat ini mengandalkan kamera utama beresolusi 13 MP dengan LED flash. Setup ini diklaim Oppo dapat menangkap foto hingga resolusi 50 MP.

Kamera utama tersebut didampingi kamera selfie dengan sensor berkualitas 8 MP yang telah didukung fitur AI Beauty, agar menghasilkan foto selfie pengguna lebih cantik. Sementara itu, spesifikasi lain dari Oppo A83 ialah mencakup baterai 3.180 mAh, sistem operasi Android Nougat 7.1 yang dipadukan interface ColorOS 3.2.

Bicara soal harga dan ketersediaan, Oppo A83 dibanderol seharga 214 dollar AS atau setara Rp 2,9 jutaan dan mungkin saja akan diluncurkan pada kuartal pertama 2018 mendatang, namun belum jelas kapan lini ini tiba di Tanah Air. Adapun dua varian yang dapat dipilih ialah black dan gold.