Berita

OnePlus 5T Rilis, Upgrade Display dan Kamera

Setelah lama diberitakan, akhirnya OnePlus 5T telah resmi dirilis oleh perusahaan sebagai generasi penerus OnePlus 5 yang meluncur beberapa bulan lalu. Perusahaan sendiri memilih kota New York untuk menjadi kota tempat peluncuran OnePlus 5T, dimana hal tersebut juga bertujuan agar smartphone ini bisa bersaing dengan Samsung dan Apple yang meluncurkan smartphone flagship dengan desain full screen.

Karena menjadi penerus OnePlus 5, OnePlus 5T mengikuti trend saat ini yaitu desain layar bingkai tipis atau bezel-less dengan rasio 18:9. Bahkan perangkat ini menjadi lini pertama OnePlus yang mengadopsi tren layar bingkai tipis dan full screen tersebut.

Layar OnePlus 5T berukuran 6 inch dengan teknologi berjenis OLED, sama dengan teknologi yang diusung perangkat Samsung Galaxy terbaru. Kerapatan layar OnePlus 5T juga sebesar 401 ppi mampu menampilkan visual yang tajam, bersih, dan kaya warna. Untuk kebutuhan menjepret foto dan merekam video, setup kamera ganda OnePlus 5T ditingkatkan, khususnya untuk bukaan lensa di dua kamera belakangnya.

Kamera pertama OnePlus 5T menggunakan sensor Sony IMX398 dengan resolusi 16 MP. Sedangkan kamera keduanya menggunakan sensor Sony IMX376K dengan resolusi 20 MP. Keduanya turut mengusung focal length yang sama yaitu 27 mm. Sebagai informasi tambahan, Focal length kamera belakang pada OnePlus 5T jadi menyempit karena sebelumnya 24 mm di OnePlus 5. Dual kamera belakang pada perangkat tersebut juga mengusung lensa f/1.7 dan teknologi “Intelligent Pixel Technology” untuk mengambil gambar dalam kondisi minim cahaya. Sedangkan di OnePlus 5, kamera telephotonya hanya mempunyai bukaan f/2.6.

Selain kamera, hal yang paling mencolok dari OnePlus 5T ialah tampilan full screen 18:9 yang membuatnya tampak berbeda dari generasi sebelumnya. Perangkat dilengkapi dengan layar lebar dengan resolusi Full HD+. Desain baru ini juga membuat rasio screen to body dari OnePlus 5T mampu mencapai 80.5% yang dilengkapi dengan cakupan warna DCI-P3. Tidak ketinggalan, terdapat Corning Gorilla Glass 5 yang diperuntukkan untuk melapisi permukaan layar smartphone.

Karena dibagian depannya didominasi oleh layar, maka sensor fingerprint dialihkan ke bagian belakang dan menggunakan soft button sebagai tombol navigasinya. Lebih menariknya lagi, OnePlus 5T didukung dengan fitur “Face Unlock” yang bisa membuka kunci smartphone dengan cara mengidentifikasi wajah pengguna. Jadi pengguna bisa memilih salah satu dari fingerprint atau Face Unlock untuk menjamin keamanan.

Dari segi dapur pacu, OnePlus 5T mengikuti jejak smartphone flagship lainnya yaitu memakai chipset Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540. Ada pula dua opsi kombinasi RAM dan memori yaitu 6 GB/64 GB atau 8GB/128 GB. Tidak ada slot microSD yang disediakan, dan pengguna hanya mempunyai slot untuk dual nano SIM. Spesifikasi lainnya dari OnePlus 5T ialah kapasitas baterai 3.300 mAh dan OS Android 7.1.1 Nougat.

OnePlus 5T tersedia dalam warna hitam dan mulai tersedia di beberapa negara mulai tanggal 21 November 2017. Untuk masalah harga, perangkat ini dibanderol seharga 499 dollar AS atau sekitar Rp 6,7 jutaan untuk versi RAM 6 GB dan memori internal 64 GB. Sedangkan untuk RAM 8 GB dan ROM 128 GB, OnePlus 5T dihargai 599 dollar AS atau Rp 8 jutaan.