Berita

Nintendo NX Mengusung Teknologi Glasses-Free 3D?

Belakangan ini, Nintendo kesulitan mempertahankan pijakannya di dunia gaming. Jika beberapa tahun yang lalu NES, SNES, dan GameBoy menjadi jawara kompetisi pasar, saat ini, berkat arah perkembangan teknologi, Xbox One dan PS4 praktis menjadi definisi konsol gaming modern. Bagaimana cara Nintendo untuk menghadapi keadaan?

Nintendo NX Mengusung Teknologi Glasses-Free 3D

Sederhana, buat produk baru yang dapat meratakan pasar konsol gaming lagi. Usaha mereka dengan Nintendo Wii tidak dapat disebut sebagai kegagalan, tetapi Nintendo Wii juga tidak sukses mengambil alih pasar dari Xbox dan PlayStation. Sekarang, mereka akan mencoba lagi melalui Nintendo NX.

Sebelum tahun 2015 berakhir, Nintendo menolak memberikan keterangan apapun tentang produk terbaru mereka tersebut. Dikatakan, Nintendo NX akan diproduksi pada kuarter pertama 2016. Akan tetapi, beberapa hari lalu, tersebar laporan paten sebuah kontroler Nintendo – yang diduga banyak pihak sebagai Nintendo NX. Pertama kali dimunculkan di NeoGAF, laporan itu mengatakan bahwa paten ini diajukan Nintendo pada bulan Juli 2015 kemarin.

Di laporan tersebut diketahui, konsol Nintendo ini berbentuk oval dengan tombol-tombol terletak di permukaan sebelah kiri dan kanan, serta di sisi atas. Di tengah-tengah terdapat layar yang diperkirakan merupakan layar sentuh. Yang menarik, layar ini dapat berintegrasi dengan layar televisi atau layar lain, mirip Nintendo DS, bertindak sebagai companion screen untuk menampilkan informasi-informasi di dalam game.

Juga, paten tersebut ada menyebutkan tentang glasses-free 3D technology alias teknologi 3D tanpa kacamata. Ini tentu bakal jadi kekuatan utama Nintendo NX jika benar-benar diterapkan dalam produk akhir.

Menurut bocoran, Nintendo NX akan mengusung platform Android. Berbeda dengan kebiasaan lama Nintendo yang biasanya mengusung platform sendiri, kini Nintendo berusaha menarik minat para developer agar mengembangkan game di konsol mereka. Namun, meski mula-mula Nintendo menyatakan bahwa mereka akan memproduksi sekitar 20 juta unit, baru-baru ini Nintendo menurunkan target tersebut menjadi antara 10 – 20 juta dikarenakan isu supply line.

Perlu diketahui, paten tersebut tidak bersifat mengikat, sehingga Nintendo dapat saja mengubah desain produknya sewaktu-waktu. Akankah Nintendo NX mampu menggebrak pasar?

Mari kita nantikan.