Berita

Next-Gen Komputer Gaming Makin Ramping dan Makin Powerful

Intel boleh kita sebut sebagai pelopor komputer ultra mini berkat Next Unit of Computing (NUC) mereka, yang merupakan produk-produk komputer berukuran super kecil, super portabel, yang siap melayani kebutuhan komputasi sehari-hari. Namun, NUC dikatakan oleh kebanyakan orang hanya sanggup mengerjakan tugas-tugas ringan, dan tidak bisa untuk aktivitas berat seperti gaming.

Next-Gen Komputer Gaming Makin Ramping dan Makin Powerful

Kelemahan tersebut berakhir hari Rabu malam (16/3/2016) kemarin, ketika sang perusahaan raksasa secara resmi menampilkan Skull Canyon NUC kepada publik. Komputer ini dipersenjatai dengan inti grafis dan CPU quad-core Intel paling gahar. Berbeda dengan NUC-NUC generasi sebelumnya yang ‘hanya’ memiliki prosesor dual-core, Skull Canyon NUC menggunakan Intel Core i7-6770HQ Skylake quad-core 2,6 GHz yang bisa di-turbo hingga 3,5 GHz.

Inti grafis yang digunakan pada Skull Canyon NUC juga menjadi daya tarik tersendiri. Intel Iris Pro 580 merupakan produk inti grafis ciptaan Intel yang paling powerful, dengan 72 unit eksekusi dan DRAM 128 MB. Performanya? Masih kalah dibandingkan dengan kartu grafis eksternal, tapi, untuk sebuah integrated graphics card, Iris Pro 580 amat menakjubkan. Ia bahkan sanggup menjalankan Just Cause 3 pada resolusi 1920 x 1080 dengan frame rate standar 30 fps.

Meski berukuran ultra mini, Skull Canyon NUC tidak menghilangkan port konektivitas apapun. Lebih memilih menggunakan kartu grafis eksternal? Skull Canyon NUC sudah siap dengan port Thunderbolt 3.0. Sepasang slot kartu memori SO-DIMM yang dimilikinya sanggup memberikan kecepatan akses data hingga 3 GBps. Malahan sudah hadir built-in: sebuah SD card reader, colokan USB 3.1 generasi kedua berkecepatan 10 GBps, dan modul Wi-Fi permanen yang disolder langsung di motherboard.

Intel mengatakan bahwa Skull Canyon NUC akan mulai hadir di pasar pada bulan Mei 2016. Versi standar tanpa RAM, OS, dan SSD bakal dibanderol sekitar US$650 (Rp 8.495.500,00), sementara versi komplit dengan RAM 16 GB, SSD 256 GB, dan OS akan dijual seharga US$1000 (Rp 13.070.000,00).

Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa bersiap-siap mulai dari sekarang, sebab pre-order sudah bisa dilakukan mulai bulan depan!