Berita

Motorola Kenalkan Ponsel Murah, Seri Moto E & G

Cukup lama tidak terdengar, ternyata Motorola kembali merilis ponsel terbarunya. Perusahaan yang kini dimiliki oleh Lenovo ini menghadirkan jajaran ponsel untuk pasar menengahnya. Motorola kenalkan ponsel murah, seri Moto E & G yang dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai dari 100 dollar AS atau berkisar Rp 1,3 juta hingga 300 dollar AS atau sekitar Rp 4 jutaan. Keduanya memiliki tiga jenis ponsel yang berbeda-beda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Keluaran ponsel terbaru dari Motorola
– Tentang varian ponsel seri Moto E & G

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa Motorola telah sah jadi milik Lenovo sejak Januari 2014. Lenovo membeli Motorola dari Google Inc dengan nilai transaksi US$ 2,91 miliar atau sekitar Rp 35,2 triliun.

Moto G
Dikutip dari Kompas.com, ada tiga varian ponsel yang diperkenalkan Motorola seri G, yakni Moto G6, G6 Play dan G6 Plus. Untuk Moto G6 dan G6 Play keduanya memiliki desain yang sama persis. Dua ponsel ini memiliki layar sebesar 5,7 inci 18: 9 dengan bentuk tepian yang melingkar. Meskipun sama persis, Moto G6 memiliki spesifikasi yang lebih baik dari G6 Play. Perbedaannya terlihat jelas di bagian belakang ponsel. Moto G6 menghadirkan material Gorilla Glass sementara G6 Play bagian belakangnya dilapisi dengan kaca polimer.

Moto G6 dan G6 Play, keduanya memiliki kamera belakang 12 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Namun, Moto G6 lebih unggul karena memiliki kamera belakang beresolusi 5 megapiksel dengan fitur potret. Moto G6 lebih unggul dari sektor RAM, karena memiliki dua pilihan RAM. Pilihan pertama adalah kombinasi dari 3 GB RAM dan 32 GB memori sedangkan pilihan kedua adalah 4 GB RAM dengan 64 GB memori internal. Moto G6 juga hadir dengan resolusi layar Full HD, dan prosesor Snapdragon 450.

Sementara G6 Play memiliki resolusi lebih rendah. G6 Play juga hanya memiliki satu kamera belakang. Satu-satunya hal yang membuat G6 Play unggul dari Moto G6 adalah pada kapasitas baterai. G6 Play dipersenjatai dengan baterai 4000 mAh sementara G6 hanya 3.000 mAh. Sedangkan untuk varian Moto G6 Plus, perbedaannya terletak pada ukuran layar yang lebih besar yaitu 5,9 inci dengan rentang 18: 9. Untuk harga, harga Moto G dibanderol mulai dari 200 dollar AS berkisar Rp 2,5 juta hingga 300 dollar AS sekitar Rp 4,1 juta.

Moto E
Karena menyasar pasa kelas yang lebih rendah. Tentu saja dari segi kisaran harga Moto E juga lebih murah. Sama seperti Moto G, ada tiga varian ponsel yang diperkenalkan Motorola untuk ponselnya yaitu Moto E5, Moto E5 Play, dan Moto E5 Plus. Moto E5 dan E5 Play juga memiliki tampilan yang mirip, hanya berbeda pada ukuran layar. Moto E5 memiliki layar 5,7 inci sedangkan E5 Play layar berukuran 5,2 inci. Dari sisi prosesor, keduanya sama-sama didukung oleh Snapdragon 425 dengan kecepatan 1,4 GHz.

Perbedaan antara kedua perangkat ini juga terletak pada baterai. Selain kapasitasnya yang berbeda, baterai Moto E5 Play yang hanya 2,800 mAh dapat dikeluarkan dari perangkat alias dilepas, sementara Moto E5 dengan kapasitas 4000 mAh dan tidak bisa dilepas. Untuk varian Moto E5 Plus, ponsel ini memiliki layar lebih besar dari dua varian lainnya. Moto E5 Plus dilengkapi dengan layar 6 inci dengan resolusi 720p dan didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh.

Untuk harga, jajaran Moto E tentu lebih murah daripada Moto G. Varian ini akan mulai dijual harga 100 dollar AS atau sekitar 1,3 juta hingga 200 dollar AS atau sekitar Rp 2,5 juta.