Seputar Tekno

Modem Cepat Panas dan Lemot, Ini Solusinya

Tethering menggunakan smartphone dapat dilakukan untuk menghubungkan internet ke laptop sebagai pengganti modem. Namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih tetap menggunakan modem untuk menghubungkan internetnya. Tetapi ada pula pengguna yang malas dan tidak lagi menggunakan modem sebagai penghubung internetnya dengan alasan salah satunya saat mengoperasikan internet selalu mengalami kepanasan yang akhirnya berselancar di internet pun menjadi lamban. Jika Anda mengalami modem cepat panas dan lemot, ini solusinya yang dapat Anda lakukan.

Komputer ataupun laptop memerlukan perangkat tambahan agar dapat terhubung dengan internet, lain halnya dengan smartphone yang hanya perlu menggunakan SIM cardnya saja. Modem merupakan salah satu alat bantu penghubung internet yang paling populer di kalangan pengguna laptop. Desainnya yang umumnya kecil, portable dan tidak membutuhkan baterai menjadi pilihan terbaik saat dibutuhkan untuk menghubungkan internet pada laptop dimana pun dan kapan pun. Meskipun dengan berbagai kelebihannya, modem pun memiliki kelemahan yakni sering terasa cepat panas, hal ini menjadi kendala Anda saat berselancar menikmati internet.

Secanggih-canggihnya teknologi modem yang Anda miliki, lambat laun pasti akan mengalami panas juga. Apabila modem panas hal ini dapat mempengaruhi performa akses internet yang dihasilkan dari modem tersebut. Dampak yang pernah terjadi di Indonesia ketika modem cepat panas ialah modem meleleh dan terbakar, tentunya hal seperti ini harus dihindari bukan? Oleh karena itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang membuat perangkat ini mudah sekali panas dan apa solusi terbaiknya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Penyebab Modem Cepat Panas dan Lemot

1. Suhu dan Keadaan Sekitar
Keadaan dimana Anda menggunakan modem dapat mempengaruhi performa dan suhunya. Jika Anda menggunakannya di tempat dengan suhu yang cenderung tinggi, tentunya akan panas lebih cepat dan sebaliknya. Ada baiknya gunakan modem di tempat dengan suhu yang stabil dan hindari paparan panas secara langsung.

2. Penggunaan Berlebihan
Meskipun memang, fungsinya untuk menghubungkan perangkat laptop dengan internet. Akan tetapi sebagai perangkat elektronik, modem juga memiliki batasan sendiri. Jika modem terbiasa bekerja dengan durasi yang lama tentunya suhu akan naik dan panas. Apalagi kegiatan yang dilakukan cukup berat seperti streaming atau download. Usahakan untuk mengatur penggunaan modem agar tidak terlalu panas.

3. Infrastruktur yang Kurang Bagus
Sebagai konsumen Anda harus pintar memilih produk modem. Beberapa jenis modem didesain menggunakan casing berkualitas rendah. Biasanya modem yang menggunakan bahan plastik sebagai penyusun casingnya, tidak dapat menguraikan panas karena plastik adalah konduktor panas yang buruk. Dengan demikian hal ini akan membuat suhu modem cepat naik karena panas tidak bisa dikirim kemana-mana.

4. Kualitas Jaringan
Ternyata kekuatan sinyal juga mempengaruhi suhu modem itu sendiri. Jika sinyal lemah, modem akan bekerja lebih keras untuk menangkap sinyalnya. Kinerja yang lebih tinggi ini akan menyebabkan suhu meningkat dengan cepat. Ini juga yang menjadi penyebab modem akan cepat panas, oleh karena itu hindari penggunaan modem di tempat dengan sinyal lemah.

5. Radiasi Chip
Panas ini disebabkan oleh radiasi chip, atau rangkaian komponen yang ada pada modem. Radiasi panas inilah yang sering membuat modem menjadi sangat panas bahkan tidak dapat disentuh. Akibatnya ini menjadi salah satu penyebab berkurangnya usia dari komponen elektronik dan bukanlah hal yang baik jika Anda mengaminya.

Di bawah ini merupakan solusi tepat mengatasi modem panas dan lemot, sebagai berikut :

– Sediakan perangkat tambahan seperti kipas yang ditempatkan di dekat modem. Ini akan menjaga dan mengurangi suhu panas yang ada.

– Gunakan modem di tempat dengan sirkulasi yang stabil dan tidak terlalu tinggi suhu udaranya. Keadaan sekitarnya juga akan mempengaruhi performa modem.

– Gunakan modem di tempat dengan jaringan yang kuat.

– Jangan Download saat kecepatan internet lambat atau panjang.

– Mengelola pemakaiannya secara berkala, jangan menggunakan modem secara overheat atau secara berlebihan tanpa memberikan waktu istirahat kepadanya.

– Jangan letakkan dan gunakan modem di dekat perangkat elektronik lainnya seperti televisi atau radio. Benda elektronik lainnya akan memberikan radiasi panas sehingga suhu naik dengan cepat.

– Gunakanlah kabel untuk modem, sehinnga modem tidak langsung bersentuhan dengan laptop atau komputer Anda.

Demikian beberapa penyebab dan solusi terbaik yang dapat Anda lakukan saat mengalami modem yang cepat panas dan lemot. Sekalipun Anda sedang asyik mengakses internet dengan modem ingatlah bahwa ia juga membutuhkan istirahat. Selalu jaga performa modem yang Anda miliki sehingga modem akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak agar penggunaanya pun bisa Anda gunakan dalam jangka lama tanpa harus membelinya lagi. Semoga bermanfaat.