Berita

Mirrorless Fujifilm X-A5 Meluncur, Berapa Harganya?

Fujifilm terus menambah jajaran kamera mirroless entry levelnya dengan seri X-A5. Mirrorless ini adalah penerus model pendahuluannya, X-A3 yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2016. Mirrorless Fujifilm X-A5 Meluncur, Berapa harganya? Fujifilm X-A5 ini dilengkapi dengan sejumlah fitur yang belum pernah ada sebelumnya di kamera mirrorless seri X-A, termasuk teknologi autofocus on-chip phase-detect untuk mempercepat proses penguncian fokus saat memotret. Sistem AF Hybrid (phase detect dan contrast detect) pada X-A5 diklaim mampu fokus dua kali lebih cepat dari model sebelumnya, sekaligus juga membantu kamera saat melakukan subjek tracking. Tidak mengherankan jika Fujifilm pantas dipilih sebagai salah satu merek kamera mirrorless terbaik.

Fujifilm bisa dibilang cukup rajin dalam meregenerasi setiap perangkat-perangkat besutannya. Selain karena harga kamera Fujifilm yang selalu dapat memikat para penggunanya, kecepatan dalam inovasi yang dihadirkan oleh Fujifilm semakin mendorong para pengguna untuk melihat lebih dalam kepada perangkat-perangkat dari Fujifilm. Kini pabrikan asal Jepang ini baru saja meluncurkan perangkat baru yang siap memanjakan penggemar kamera mirrorless.

Dari segi tampilan luar, gaya retro X-A5 yang sama halnya dengan Fujifilm Instax Mini 90, dengan LCD touchscreen 3 inci yang bisa dilipat 180 derajat hingga menghadap ke depan untuk memudahkan pemotretan selfie. Tidak hanya itu, saat layar dimainkan, fungsi Rear Command Dial secara otomatis juga mengaktifkan fungsi zoom dan Shutter Release untuk menembak selfie. Bahkan, fungsi Eye AF (autofocus) juga akan ikutan aktif. Fujifilm juga menambahkan konektor untuk mikrofon eksternal.

Di dalam Fujifilm X-A5 tertanam sensor APS-C 24 megapiksel yang memiliki filter warna Bayer konvensional, bukan X-Trans seperti kamera mirrorless pendahuluannya. Selain itu, perangkat pencitraan ini juga mendapat penyempurnaan dalam pengaturan ISO. Kisaran sensitivitas (Native) ISO 200 sampai 12.800. Hadir pula fitur kemampuan merekam video beresolusi tinggi 4K (3.840 x 2.160), bahkan dengan hanya frame rate 15 FPS dan durasi 5 menit. Untuk video resolusi full-HD (1080p), Fujifim X-A5 mampu merekam dengan frame rate hingga 60 FPS selama 14 menit.

Tawaran lain yang ditawarkan oleh kamera mirrorless Fujifilm X-A5 adalah penggunaan lensa kit baru yang diusungnya. Perangkat ini dilengkapi dengan lensa kit 15-45 mm dengan f/3.5 sampai f/5.6 bukaan dan dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) PZ. Keunggulan lensa kit baru Fujifilm X-A5 menjadikan kamera mirrorless ini sebagai yang pertama di seri X yang mengusung fitur zoom secara elektronik.

Mirrorless Fujifim X-A5 mematok harga 600 dollar AS atau jika dirupiahkan menjadi Rp 8,1 juta. Untuk Lensa XC-15-45mm f / 3.5-5.6 OIS PZ dapat Anda beli secara terpisah dengan harga 300 dollar AS atau setara dengan Rp 4,1 juta. Kedua-duanya siap dijual di pasaran dunia pada bulan Februari 2018 ini.