Berita

Microsoft Merilis Aplikasi Terbaru Skype Lite Untuk Internet Lemot

Bagi pengguna smartphone yang hobby video call menggunakan Skype, pasti sering mengeluh oleh jaringan internet dengan kecepatan pas-pasan. Mengatasi permasalahan tersebut Microsoft, sebagai pendiri layanan Skype berpikir keras untuk mempermudah penggunanya nyaman memakai aplikasi tersebut. Perusahaan raksasa teknologi ini baru saja meluncurkan aplikasi update terbaru Skype yang bertajuk Skype Lite.

Microsoft Merilis Aplikasi Terbaru Skype Lite Untuk Internet Lemot

Satya Nadella sebagai CEO Microsoft yang mengumumkan sendiri berita gembira itu. Beliau mengatakan bahwa Skype Lite memiliki ukuran berkisar 13 MB saja. Hal itu berarti pengguna bisa dengan mudah melakukan penginstalan atau mendownload-nya. Walau ukuran file kecil, aplikasi Skype Lite telah mendukung 9 bahasa dunia. Sepertinya aplikasi versi ringan masih menjadi favorit bagi kebanyakan pengguna smartphone, mengingat banyaknya perangkat ponsel kelas entry-level yang mempunyai memori internal kecil. Karena itulah, Microsoft merilis Skype Lite. Beberapa aplikasi terkenal yang telah memiliki versi Lite di antaranya Line, Facebook dan Youtube Go.

Skype Lite merupakan versi ringan dari aplikasi Skype standar. Lalu, apa saja fitur baru yang dimiliki aplikasi ini? Salah satu perbedaan utama adalah pada penggunaan data ketika melakukan panggilan. Skype Lite mengandalkan fitur voice call sebagai sarana telekomunikasi untuk negara berkembang yang koneksi jaringan internetnya memang cukup lambat, contohnya Indonesia. Dengan memiliki ukuran hanya 13 MB, Skype Lite dapat berjalan meski berada di jaringan 2G atau saat koneksi internet tidak stabil. Selain Indonesia, Microsoft juga menargetkan produknya ke negara India yang masih terkendala oleh koneksi internet lemot.

Fitur menarik lainnya yang ada pada Skype Lite adalah memungkinkan pengguna untuk membaca SMS yang masuk serta membalasnya. Bahkan Microsoft menyematkan tool tertentu untuk pengguna agar bisa memantau penggunaan kuota data. Kemudian, ada lagi spesifikasi chatbots yang ditawarkan Skype Lite. Adanya Chatbots, pengguna bisa memberikan konten seperti artikel berita dan skor pertandingan olahraga. Lebih lanjut, Microsoft juga sedang melakukan perkembangan platform Skype bot yang memungkinkan pengguna agar bisa menciptakan sendiri bot untuk layanan pesan Skype-nya.

Khusus untuk masyarakat India, Microsoft menyediakan India Stack, yakni sebuah Application Programming Interface (API) yang berguna untuk pemerintahan atau perusahaan agar bisa memberikan layanan secara aman ke masyarakat. Kabarnya, Skype Lite akan segera dirilis dipasar aplikasi Play Store dalam waktu dekat.