Seputar Tekno

Mengenal Safari, Web Browser dari Apple

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal Safari, web browser dari Apple yang dikembangkan oleh Apple berdasarkan mesin WebKit. Pertama kali dirilis pada tahun 2003 dengan Mac OS X Panther, versi mobile telah disertakan dalam perangkat iOS sejak diperkenalkannya iPhone pada tahun 2007. Safari juga menjadi adalah browser default pada perangkat Apple. Safari pernah tersedia dalam versi Windows, namun dihentikan pada tahun 2012.

Sejarah Safari
Sampai tahun 1997, komputer Apple Macintosh hanya disematkan browser Netscape Navigator dan Cyberdog saja. Internet Explorer untuk Mac kemudian disertakan sebagai browser web default untuk Mac OS 8.1 dan seterusnya, sebagai bagian dari perjanjian lima tahun antara Apple dan Microsoft.

Selama masa itu, Microsoft merilis tiga versi utama Internet Explorer untuk Mac yang dibundel dengan Mac OS 8 dan Mac OS 9, meskipun Apple juga terus menyematkan Netscape Navigator sebagai browser alternatif. Microsoft akhirnya merilis edisi Mac OS X dari Internet Explorer untuk Mac, yang disertakan sebagai browser default di semua rilis Mac OS X dari Mac OS X DP4, termasuk Mac OS X v10.2.

Versi-versi Safari
1. Safari 1
Steve Jobs mengumumkan bahwa Apple telah mengembangkan browser web mereka sendiri, yang disebut Safari pada tanggal 7 Januari 2003, di Macworld San Francisco. Hal ini didasarkan pada fork internal Apple dari mesin rendering KHTML, yang disebut WebKit. Apple merilis versi beta pertama untuk OS X saati itu. Versi 1.0.3 kemudian dirilis pada tanggal 13 Agustus 2004 adalah versi terakhir yang mendukung Mac OS X v10.2, sedangkan 1.3.2, yang dirilis pada tanggal 12 Januari 2006 adalah versi terakhir yang mendukung Mac OS X v10.3.

2. Safari 2
Pada bulan April 2005, Dave Hyatt, salah satu pengembang Safari di Apple, mendokumentasikan studinya dengan memperbaiki bug tertentu di Safari, sehingga memungkinkannya untuk lulus uji Acid2 yang dikembangkan oleh Web Standards Project. Pada tanggal 27 April 2005, dia mengumumkan bahwa versi pengembangan Safari sekarang telah lulus uji coba, menjadikannya sebagai web browser pertama yang melakukannya.

Safari 2.0 dirilis pada tanggal 29 April 2005, sebagai satu-satunya web browser yang disertakan dengan Mac OS X v10.4. Versi ini memiliki dorongan kecepatan 1,8x di atas versi 1.2.4, namun belum termasuk perbaikan bug Acid2. Perubahan yang diperlukan pada awalnya tidak tersedia bagi pengguna kecuali mereka mendownload dan mengumpulkan WebKit source code sendiri yang tersedia di OpenDarwin.org. Apple akhirnya merilis versi 2.0.2 dari Safari, yang termasuk modifikasi yang dibutuhkan untuk lulus bug Acid2, pada 31 Oktober 2005.

Versi stabil terakhir dari Safari 2 ialah Safari 2.0.4, dirilis pada tanggal 10 Januari 2006 untuk Mac OS X. Versi ini hanya tersedia sebagai bagian dari Mac OS X Update 10.4.4. Versi ini membahas tentang penggunaan tata letak dan CPU. Safari 2.0.4 adalah versi terakhir yang akan dirilis secara eksklusif di Mac OS X sampai versi 6 tahun 2012.

3. Safari 3
Pada tanggal 9 Januari 2007, di Macworld SF, Steve Jobs mengumumkan produk Apple, iPhone juga akan menggunakan versi mobile browser Safari. Beberapa bulan dari itu, di pendiri Apple tersebut mengumumkan Safari 3 untuk Mac OS X v10.5, Windows XP, dan Windows Vista.

Versi beta Safari 3 dibuat khusus untuk Windows, dirilis pada hari yang sama dengan pengumumannya di WWDC 2007, memiliki beberapa bug yang diketahui dan eksploitasi zero day yang memungkinkannya eksekusi jarak jauh. Bug yang ditangani kemudian dikoreksi oleh Apple tiga hari kemudian pada tanggal 14 Juni 2007, di versi 3.0.1 untuk Windows.

Pada tanggal 22 Juni 2007, Apple merilis Safari 3.0.2 untuk mengatasi beberapa bug, masalah kinerja dan masalah keamanan lainnya. Safari 3.0.2 untuk Windows menangani beberapa font yang hilang di browser tapi sudah terpasang pada komputer Windows, seperti Tahoma, Trebuchet MS, dan lain-lain.

4. Safari 4
Pada tanggal 2 Juni 2008, tim pengembangan WebKit mengumumkan SquirrelFish, mesin JavaScript baru yang sangat meningkatkan kecepatan Safari dalam menafsirkan skrip. Mesin inilah yang menjadi salah satu fitur baru di Safari 4, yang diluncurkan ke pengembang pada tanggal 11 Juni 2008. Versi beta Safari 4 dirilis pada 24 Februari 2009, dengan fitur baru seperti alat Top Sites (mirip dengan fitur Speed Dial Opera), yang menampilkan situs pengguna yang paling banyak dikunjungi di dinding 3D.

Safari 4.0.1 dirilis untuk Mac pada tanggal 17 Juni untuk memperbaiki masalah dengan Faces di iPhoto ’09. Safari 4 di Mac OS X v10.6 “Snow Leopard” memiliki dukungan 64-bit, yang dapat membuat JavaScript memuat hingga 50% lebih cepat. Safari 4.0.4, dirilis pada tanggal 11 November 2009 untuk kedua OS X dan Windows, yang berguna dalam hal meningkatkan kinerja JavaScript.

5. Safari 5
Apple merilis Safari 5 pada tanggal 7 Juni 2010, yang menampilkan fitur Safari Reader baru untuk membaca artikel di web tanpa gangguan, dan peningkatan kinerja JavaScript 30 % di atas Safari 4. Safari 5 mencakup alat yang lebih dan mampu mendukung lebih dari selusin teknologi HTML5 baru, yang berfokus pada interoperabilitas. Apple juga menambahkan kembali progress bar di belakang address bar dalam rilisan ini.

Apple juga merilis Safari 4.1 bersamaan dengan Safari 5, khusus untuk Mac OS X Tiger. Pembaruan tersebut mencakup sebagian besar fitur dan peningkatan keamanan yang ditemukan di Safari 5. Bersama Mac OS X 10.7 Lion, Apple merilis Safari 5.1 untuk Windows dan Mac pada 20 Juli 2011, dengan fungsi baru ‘Reading List’ dan pengalaman browsing yang lebih cepat.

6. Safari 6
Pada tanggal 11 Juni 2012, Apple merilis preview pengembang Safari 6.0 dengan fitur yang disebut iCloud Tabs, yang memungkinkan pengguna untuk ‘menyelaraskan’ tab terbuka mereka dengan perangkat iOS atau perangkat OS X lainnya yang menjalankan perangkat lunak terbaru.

Safari 6 juga menyertakan fitur privasi baru, termasuk pilihan “Ask websites not to track me”, dan kemampuan situs web untuk mengirim pemberitahuan pengguna OS X 10.8. Safari 6 memiliki kemampuan Share Sheets di OS X Mountain Lion. Pilihan Share Sheet adalah Add to Reading List, Add Bookmark, Email this Page, Message, Twitter dan Facebook. Pengguna juga dapat melihat tab dengan pratinjau halaman penuh yang tersedia.

7. Safari 7
Diumumkan pada Worldwide Developer Conference (WWDC) Apple pada tanggal 10 Juni 2013, pratinjau pengembang Safari 7/6.1 membawa peningkatan kinerja JavaScript dan penggunaan memori, serta tampilan baru untuk Top Sites dan Sidebar, dan fitur baru Shared Link. Selain itu, fitur Power Saver baru akan menghentikan Plugins yang tidak digunakan. Safari 7 dirancang untuk OS X Mavericks dan Safari 6.1 diluncurkan bersamaan dengan OS X Mavericks dalam acara khusus Apple pada tanggal 22 Oktober 2013.

8. Safari 8
Safari 8 diumumkan pada WWDC 2014 dan dirilis dengan OS X Yosemite. Versi ini mencakup dukungan WebGL, fitur privasi yang lebih kuat, peningkatan kecepatan dan efisiensi, integrasi iCloud yang disempurnakan, dan desain yang diperbarui.

9. Safari 9
Safari 9 diumumkan di WWDC 2015 dan disematkan pada OS X El Capitan. Versi ini mencakup dukungan tab muting dan tab yang disematkan.

10. Safari 10
Safari 10 dirilis bersamaan dengan Mac OS Sierra 10.12 untuk OS X Yosemite dan OS X El Capitan. Tidak termasuk semua fitur baru yang tersedia di Mac OS Sierra, seperti Apple Pay di web dan dukungan picture-in-picture untuk video, namun pembaruannya mencakup fungsi baru misalnya:
– Ekstensi Safari seperti 1Password, Save to Pocket, dan DuckDuckGo
– New Bookmarks sidebar, termasuk klik dua kali untuk fokus pada folder
– Penanda dan bookmark yang didesain ulang
– Zoom spesifik lokasi
– Pembaruan pembaca, termasuk in-line sub-headline, bylines, dan mempublikasikan tanggal
Safari 10 juga mencakup sejumlah update keamanan, termasuk perbaikan untuk enam kelemahan WebKit dan masalah yang terkait dengan Reader and Tabs.

11. Safari 11
Safari 11 dirilis untuk OS X El Capitan dan Mac OS Sierra pada tanggal 19 September 2017.