Berita

Meluncur Berdekatan, Ini Beda Galaxy A6 & J7 Duo

Telah kita ketahui, sudah banyak berita yang beredar tentang perangkat Samsung terbaru yang akan dirilis. Sebut saja dua perangkat terbaru Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus akan dijual di Indonesia pada tanggal 3 Juni mendatang. Dan kenyataannya, akan meluncur berdekatan ini beda Galaxy A6 & J7 Duo yang katanya memiliki spesifikasi dan harga yang mirip.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Harga Galaxy A6 & J7 Duo
– Tanggal perilisan Galaxy A6 & J7 Duo
– Spesifikasi dari Galaxy A6 & J7 Duo

Harga Galaxy A6 dibanderol Rp 3,8 juta, sementara harga yang dibanderol Galaxy A6 Plus Rp 4,9 juta. Dengan demikian, harga Galaxy A6 selisih sedikit dibandingkan dengan Galaxy J7 Duo yang meluncur lebih dulu, dengan harga resmi Rp 3,7 juta minggu lalu. Spesifikasi keduanya mirip karena sama-sama mengandalkan chip Exynos seri 7, dengan CPU octa-core, RAM, dan penyimpanan.

Dikutip dari Kompas.com, baik Samsung Galaxy A6 dan J7 Duo, keduanya sama-sama memiliki RAM 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB. Namun dapur pacu keduanya sedikit berbeda. Galaxy A6 membenamkan chip Exynos 7870, sementara Galaxy J7 Duo dengan chip Exynos 7885 octa-core.

Meskipun ada kesamaan, menurut Jo Semidang, selaku Direktur Pemasaran IM Samsung Electronics Indonesia berkeyakinan Samsung Galaxy A6 dan Galaxy J7 Duo tidak akan berbenturan di pasar meskipun memiliki kisaran harga yang mirip, hal ini dikarenakan kedua smartphone menargetkan target konsumen yang berbeda.

Ditambahkan oleh Jo Semidang, Galaxy A6 ditujukan untuk konsumen millenial yang mendambakan tampilan “keren” dari sebuah smartphone. Karena itu, desainnya dibuat mirip dengan produk Samsung yang kelasnya lebih tinggi, seperti seri Samsung Galaxy A8 dan seri Samsung Galaxy S9.

Sementara segmen untuk Galaxy J7 Duo juga menargetkan konsumen millenial, tetapi tampilan bukanlah menjadi prioritasnya, tetapi mereka yang gemar berjualan online seperti melalui media sosial dan e-commerce.

Oleh karena itu, Samsung Galaxy J7 Duo mengedepankan hal-hal seperti kualitas kamera dan fitur Signal Max untuk mengoptimalkan penerimaan sinyal ponsel agar dapat mengunggah foto di mana saja dan kapan saja pengguna berada. Sehingga jika bicara dalam hal passion point, Galaxy A6 mengedepankan gaya (style), sedangkan Galaxy J7 Duo untuk mereka yang gemar bisnis.

Selain itu, desain fisik kedua ponsel ini pun berbeda. Galaxy A6 mengusung tampilan perangkat berukuran 5,6 inci dan telah menerapkan konsep Infinity Display Samsung dengan aspek rasio 18,5: 9 lebih kekinian. Tombol home dihilangkan dan diganti dengan tombol virtual yang terintegrasi dengan antarmuka OS. Sementara pemindai sidik jari pindah ke belakang.

Samsung Galaxy A6 memiliki kamera tunggal dengan resolusi 16 megapiksel (f/1.7) dan kamera depan 16 megapiksel (f/1.9). Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi AI Bixby Vision yang dapat mengenali objek melalui kamera serta menerjemahkan teks.

Berbeda halnya dengan Galaxy J7 Duo yang masih menganut desain lama Samsung, dengan tombol home fisik yang berfungsi ganda sebagai pemindai sidik jari di bagian depan. Layar Galaxy J7 Duo berukuran 5.5 inci masih mengikuti aspek rasio 16: 9. Galaxy J7 Duo dilengkapi dengan kamera ganda dengan resolusi 13 megapiksel (f /1.9) dan 5 megapiksel untuk menghasilkan efek background blur (bokeh). Kamera depan Galaxy J7 Duo memiliki resolusi 8 megapiksel (f/1.9).

Untuk ketersediaan di pasar, Galaxy J7 Duo telah dijual secara eksklusif di salah satu e-commerce Blibli hingga 9 Mei 2018, sedangkan Galaxy baru A6 baru akan hadir pada 3 Juni 2018. Sobat tinggal menentukan ponsel mana yang cocok dengan passion Sobat.