Berita

Line Wave, Speaker Pintar yang Jadi Teman Ngobrol

Line, layanan messaging populer asal Jepang, mengungkapkan ingin serius di bidang artificial intelligence (Al). Buktinya, aplikasi yang identik dengan Brown dan Cony itu telah mengenalkan platform Al berbasis cloud yang diberi nama Clova ketika ajang MWC 2017 pada Maret lalu.

Line Wave, Speaker Pintar yang Jadi Teman Ngobrol

Memang, perhelatan akbar itu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh semua vendor teknologi seperti Huawei yang memperkenalkan Huawei P10 dan Hueawei Watch 2, Blackberry menghadirkan KEYone, dan masih banyak lagi. Ternyata bukan produsen smartphone saja yang melenggang di Barcelona saat itu karena Line juga memperkenalkan produk pintarnya yang berupa platform AI.

Saat ini, Clova sudah ditanamkan dalam dua produk smarthome pertama dari Line yaitu speaker pintar bernama Ware. Pengumuman datangnya perangkat ini diselenggarakan pada hari Kamis, 15 Juni 2017, di Tokyo, Jepang. Sekilas, Wave agak mirip dengan Google Home atau Amazon Echo, bahkan bentuk dan fungsinya pun serupa.

Seperti Google Home dan Amazon Echo, Wave buatan Line juga dapat menjadi asisten pribadi penggunanya sehingga bisa di ajak mengobrol bersama, sekaligus jadi pemutar musik dengan bantuan Al Clova di dalamnya. Menurut Jun Masuda, selaku Director dan CSMO Line, Wave mampu menangani percakapan kasual seperti menjawab pertanyaan random tentang hiburan atau musik.

Fungsi lain yang dimiliki oleh Wave yaitu speaker ini telah terintegrasi dengan perangkat smarthome lain di dalam rumah. Berkat Wave, pengguna juga dapat mengontrol Smart TV atau perangkat home appliance lain yang terhubung dengan internet. Dari segi desain sendiri, Wave mempunyai form factor kerucut dengan bobot 998 gram. Sebagai speaker 2-in-1, Wave mempunyai dua tweeter ukuran 1 inch berkekuatan 5 watt dan satu buah subwoofer berukuran 2,5 inch berkekuatan 20 watt.

Dari segi perangkat kerasnya sendiri, Wave dilengkapi dengan prosesor Qualcomm APQ8009 dengan prosesor Quad-core 1,3 GHz. Chipset ini sama dengan yang digunakan oleh tablet-tablet PC tertentu. Kemudian, Wave juga didukung oleh RAM DDR3 1 GB dan memori internal 8 GB, baterai 5.000 mAh, konektivitas Bluetooth, serta WiFi 802.11 b/g/n. Bukan hanya itu, mikrofon lima arah yang dimiliki oleh Wave dapat mendeteksi suara sampai jarak 5 meter.

Sejak perilisannya, Line telah melakukan sesi pre-sale Wave dengan harga 10.000 yen atau sekitar Rp 1,2 juta pada Juni 2017. Versi awal yang dijual hanya mempunyai fungsi dasar untuk pemutar musik. Sedangkan untuk penjualan resmi Wave akan dilakukan pada bulan September 2017 mendatang dengan harga 15.000 yen atau setara dengan Rp 1,8 juta.