Berita

Lebih Jauh dengan 4K Ultra High Definition (UHD)

Sesuai dengan singkatannya, UHD ialah Ultra High Definition yang berarti mempunyai resolusi tinggi pada ketajaman gambar yang dihasilkan. Pasti Anda sering mendengar istilah qHD, HD, Full HD, Quad HD bahkan UHD, dan Anda juga sering mendengar resolusi layar 480p, 720p. 1080p. Namun apakah Anda pernah mendengar resolusi 4K?

Lebih Jauh dengan 4K Ultra High Definition (UHD)

Banyak orang yang masih asing dengan resolusi 4K padahal telah banyak televisi maupun smartphone yang memiliki resolusi tersebut. Contohnya pada gadget. Smartphone yang mengusung resolusi 4K ialah Sony Xperia Z5 Premium yang memiliki layar 5.5 inch. Di dukung resolusi 4K, menjadikannya sebagai smartphone yang punya resolusi dan kerapatan layar tertinggi di dunia yakni 806 ppi.

Lalu apa itu 4K?
Kebanyakan orang sangat akrab dengan kualitas 1080p, namun masih asing dengan 4K. Padahal teknologi 4K menjadi perhatian utama dengan alasan resolusi tertinggi saat ini.

4K dikenal juga sebagai Ultra High Definition (UHD). Seperti namanya yang menyiratkan bahwa 4K UHD memiliki resolusi hampir 4000 pixels dengan persisnya 3840 x 2160 pixel. Dinamakan dengan 4K UHD karena mengacu pada resolusi horizontalnya yaitu 3840 yang mendekati 4000. Pada rasio aspek 16:9, 4K berisi hampir empat kali jumlah pixel pada layar dibandingkan dengan teknologi 1080p.

Perbedaan ini tentunya mempengaruhi dalam kualitas gambar. 4K UHD mampu menghasilkan rincian paling rumit dalam mode kontras berkat adanya melipatgandakan jumlah pixel. Hal tersebut di anggap keuntungan terbesar dari resolusi 4K.

Bagi Anda yang menginginkan dan mengharapkan kualitas tertinggi mutlak pada gerak gambar, 4K ialah jawabannya. Contohnya pada televisi merek seperti Sony yang sekarang menjual televisi 4K dengan harga yang tergolong cukup mahal namun konten lebih video membawa produksi 4K.

Namun sejauh ini konten 4K masih belum banyak dipakai. Kita bisa menemukannya di Amazon Instant Video dan beberapa produk hardware dan software propretary dari Sony.