Berita

Konsol Game Terkencang Lahir, Microsoft Xbox One X!

Setelah beredar bermacam rumor dan spekulasi, akhirnya Microsoft secara resmi memperkenalkan Project Scorpio yang diberi nama Xbox One X. Perilisan ini dilakukan oleh perusahaan raksasa tersebut saat ajang E3 2017 yang mana mereka juga menampilkan video teaser mengenai konsol game pesaing PS4 Pro itu. Apalagi, semua aksesoris Xbox One akan dapat digunakan di Xbox One X termasuk seluruh game Xbox 360 dan Xbox One.

Konsol Game Terkencang Lahir, Microsoft Xbox One X!

Meskipun bulan Maret lalu, Microsoft sudah resmi merilis Xbox Live Creators Program,  namun konsumen tetap saja antusias untuk menyambut kehadiran Xbox One X. Hal itu dikarenakan perangkat ini diklaim memiliki spesifikasi yang masuk kategori ‘dewa’.

Sempat disebut dengan Project Scorpio, salah satu keunggulan konsol game Xbox One X tersebut adalah kemampuannya yang mampu menampilkan game dengan resolusi 4K pada refresh rate 60 Hz. Jika untuk sebuah PC, para gamer setidaknya membutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta untuk mewujudkan hal tersebut. Namun, Xbox One X seakan memecahkan pendapat itu dengan harganya yang cukup jauh berkurang yaitu hanya USD 500 atau sekitar Rp 6,6 juta.

Walaupun dibanderol dengan harga tak sampai setengahnya, jangan Anda anggap remeh spesifikasi yang di usung oleh Xbox One X. Prosesornya yang octa core dengan 16nm pabrikasi dan kecepatan clock-nya hingga 2,3 GHz. Teknologi Octa-core ini merupakan perpaduan dengan dua cluster Quad Core. Sedangkan RAM-nya mengandalkan interface 384-bit atau 6 kanal yang masing-masing dibekali dengan RAM 2 GB, sehingga jika ditotalkan, Xbox One X mempunyai RAM 12 GB!

Pada sisi audio, Xbox One X menonjolkan konfigurasi 7.1 yang keluar melalui port HDMI. Sistem audio ini dilengkapi dengan teknologi Dolby Atmos da HRTF yang dioptimalkan untuk komputasi berbasis virtual reality.

Lantas bagaimana dengan game-gamenya? Dari pihak Microsoft sendiri tidak ingin membedakan game untuk Xbox One biasa dengan Xbox One X. Namun, ada beberapa game yang sudah mendukung alias performa yang ditampilkan sesuai dengan spesifikasi di atas. Apalagi dari sektor resolusi 4K untuk memanjakan mata.

Berikut ini daftar game-game apa saja yang sudah dikonfirmasi untuk Xbox One X:

Ark: Survival Evolved Dishonored 2 Halo Wars 2MinecraftSea of Thieves
AshenEverspaceHitmanNeed For Speed: PaybackSlime Rancher
Assassin's Creed: OriginsFallout 4Homefront: The RevolutionOutlast 2State of Decay 2
AstroneerFarming Simulator 17Injustice 2PaladinsSuper Lucky's Tale
Black DesertFinal Fantasy XVKiller InstinctPlayerunknown's Superhot
Chess UltraFor HonorMadden NFL 18BattlegroundsThe Artful Escape
Crackdown 3Forza Horizon 3Mantis Burn RacingPortal KnightsThe Elder Scrolls Online
Dead Rising 4Forza Motorsport 7Metro: ExodusResident Evil 7: BiohazardThe Elder Scrolls V: Skyrim
Deep Rock GalacticGears of War 4Middle-earth: Shadow of RimeThe Last Night
DoomGhost Recon: WildlandsWarRocket LeagueThe Surge