Berita

Kominfo Akan Panggil Beberapa OTT Terkait Sticker LGBT

Mungkin Anda sudah dengar tentang kehebohan pengguna LINE yang dikejutkan dengan munculnya sticker LGBT (Lesbian Gay Biseksual dan Transgender). Ternyata tak hanya pengguna LINE saja yang melakukan protes. Protes juga ramai bermunculan dari para pengguna Facebook dan WhatsApp. Pasalnya sticker LGBT juga bermunculan di kedua layanan OTT (over the top) tersebut. Untuk meredakan reaksi keras masyarakat yang masih ramai sampai saat ini, Ismail Cawidu selaku Kepala Pusat Informasi dan Human Keminfo menegaskan pihaknya akan memanggil perwakilan OTT yang beroperasi di tanah air untuk membahas masalah tersebut dalam waktu dekat ini.

Kominfo Akan Panggil Beberapa OTT Terkait Sticker LGBT

“Facebook juga wajib menghormati norma, agama, budaya dan adat di Indonesia terkait hal-hal seperti itu dengan memfilter stiker LGBT seperti yang dilakukan oleh Line. Kominfo akan mengundang para perwakilan OTT yang beroperasi di Indonesia untuk membahas masalah tersebut dalam waktu dekat,” tegas Ismail kepada media.

Ia juga menegaskan bahwa Facebook dan rekan OTT yang lain wajib mengikuti aturan filtering seperti yang telah dilakukan oleh LINE Indonesia. Sticker LGBT yang sangat tidak mendidik tersebut jangan sampai beredar di tanah air. Jika tidak dilakukan filtering, maka pihak Kominfo akan membawanya ke panel pengelolaan konten. “Hal tersebut berlaku untuk semua layanan OTT yang memuat konten serupa,” tambahnya.

Sekedar informasi, sebelumnya, jika pengguna LINE mengetik kata ‘gay’ pada kolom pencarian sticker, maka ia bisa menemukan sticker LGBT dengan mudah. Akan muncul hasil pencarian pada bagian creators, yang menunjukkan sticker-sticker bernuansa gay.

Sedangkan pada aplikasi WhasApp, sticker LGBT tersebut terpampang sangat jelas pada bagian emoticon. Sehingga pengguna dapat langsung dengan mudah melihatnya tanpa perlu mendownload. Dan ternyata Facebook sendiri telah meluncurkan sticker LGBT itu sejak tahun 2014.