Seputar Tekno

Kenali OS OpenBSD

OpenBSD adalah sistem operasi komputer yang hampir mirip dengan Unix, dimana OpenBSD bersifat gratis dan open source yang berasal dari Berkeley Software Distribution (BSD), sebuah turunan Penelitian Unix yang dikembangkan di University of California, Berkeley yang ditemukan oleh Theo de Raadt bercabang dari NetBSD pada akhir 1995. Selain sistem operasi secara keseluruhan, proyek ini menyimpan versi portable dari banyak subsistem, terutama OpenSSH, yang tersedia sebagai paket di sistem operasi lain. Mari kenali OS OpenBSD lebih jauh lagi dalam post kali ini.

Proyek OpenBSD awalnya ditemukan karena desakan pengembangnya terhadap kode sumber terbuka (open source), dokumentasi yang baik, kebenaran kode, dan keamanan. Ini memiliki kebijakan perizinan yang ketat, lebih memilih lisensi ISC dan varian lain dari Lisensi BSD yang disederhanakan. Banyak fitur keamanannya bersifat opsional atau tidak ada di sistem operasi lain. Pengembangnya sering mengaudit source tree untuk bug perangkat lunak dan keamanan.

Awal Terbentuknya
Pada bulan Desember 1994, pendiri NetBSD, Theo de Raadt diminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pengembang senior dan anggota tim inti NetBSD. [6] Alasan untuk ini tidak sepenuhnya jelas, meskipun ada klaim bahwa hal itu disebabkan oleh bentrokan kepribadian dalam proyek NetBSD.

Pada bulan Oktober 1995, Theo de Raadt mendirikan OpenBSD, sebuah proyek baru bercabang dari NetBSD 1.0. Rilis awal, OpenBSD 1.2, dibuat pada bulan Juli 1996, diikuti oleh OpenBSD 2.0 pada bulan Oktober tahun yang sama. Sejak saat itu, proyek tersebut telah mengikuti jadwal pelepasan setiap enam bulan, yang masing-masing didukung selama satu tahun.

Pada tanggal 25 Juli 2007, pengembang OpenBSD Bob Beck mengumumkan pembentukan Yayasan OpenBSD, sebuah organisasi nirlaba Kanada yang dibentuk untuk “bertindak sebagai satu titik kontak untuk orang-orang dan organisasi yang membutuhkan badan hukum untuk menangani kapan mereka ingin mendukung OpenBSD”.

Seberapa luas OpenBSD yang digunakan sulit ditentukan karena pengembangnya tidak mempublikasikan atau mengumpulkan statistik penggunaan. Pada bulan September 2005, Grup Sertifikasi BSD melakukan survei penggunaan yang menunjukkan bahwa 32,8% pengguna BSD (1420 dari 4330 responden) menggunakan OpenBSD, menempatkannya di urutan kedua dari empat varian BSD utama, di belakang FreeBSD dengan 77% dan menjelang NetBSD dengan 16,3%.

Kegunaan
1. Keamanan
Perangkat tambahan keamanan OpenBSD, kriptografi bawaan, dan filter paket pf yang sesuai untuk digunakan di industri keamanan, seperti di firewall, sistem deteksi intrusi, dan gateway VPN.

Sistem proprietary dari beberapa produsen didasarkan pada OpenBSD, termasuk perangkat dari Armorlogic (aplikasi web firewall yang mumpuni), Calyptix Security, GeNUA, RTMX, dan (.vantronix). Versi selanjutnya dari Layanan Microsoft untuk UNIX, perpanjangan ke sistem operasi Windows yang menyediakan fungsionalitas seperti Unix dengan menggunakan kode OpenBSD dalam jumlah besar.

2. Desktop
OpenBSD dilengkapi dengan sistem Window X yang cocok digunakan di desktop. Paket tersedia untuk aplikasi populer, termasuk lingkungan desktop seperti GNOME, KDE, dan Xfce, dan browser web seperti seperti Firefox dan Chromium. Proyek ini juga mencakup tiga manajer jendela dalam distribusi utama, misalnya cwm, FVWM, dan twm.

3. Server
OpenBSD memiliki server lengkap dan mudah dikonfigurasi sebagai server surat, server web, server FTP, server DNS, router, firewall, server file NFS, atau kombinasi dari keduanya.

Komponen-komponen OpenBSD
Meskipun penggunaan OpenBSD yang relatif rendah, proyek ini mampu mempertahankan versi portabel dari banyak bagian sistem dasar, termasuk:

– LibreSSL, sebuah implementasi gratis dari protokol Secure Sockets Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS), yang bercabang dari cabang OpenSSL 1.0.1g

– OpenBGPD, implementasi gratis dari Border Gateway Protocol 4 (BGP-4)

– OpenOSPFD, sebuah implementasi bebas dari protokol routing Open Shortest Path First (OSPF)

– OpenNTPD, alternatif sederhana untuk ntp.org Network Time Protocol (NTP) daemon

– OpenSMTPD, daemon Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) gratis dengan dukungan IPv4/IPv6, PAM, Maildir dan virtual

– httpd, server HTTP yang pertama disertakan dalam rilis 5.6

– OpenSSH, implementasi gratis protokol Secure Shell (SSH)

– OpenIKED, implementasi gratis dari protokol Internet Key Exchange (IKEv2)

– Common Address Redundancy Protocol (CARP), sebuah alternatif gratis untuk protokol redendansi server HSRP / VRRP Cisco yang telah dipatenkan

– PF, firewall state-state IPv4/IPv6 dengan NAT, PAT, QoS dan dukungan normalisasi lalu lintas

– pfsync, sebuah firewall menyatakan protokol sinkronisasi untuk firewall PF dengan dukungan High Availability menggunakan CARP

– spamd, filter spam dengan dukungan greylisting yang dirancang untuk dioperasikan dengan firewall PF

– sndio, audio kompak dan kerangka MIDI

– Xenocara, sebuah X.Org yang dibuat khusus membangun infrastruktur

– cwm, window manager susun

– tmux, multiplexer konsol virtual

Beberapa subsistem telah diintegrasikan ke dalam sistem dasar beberapa proyek BSD lainnya, sementara banyak tersedia sebagai paket untuk digunakan dalam sistem mirip Unix lainnya.

Komponen pihak ketiga dalam sistem dasarnya
OpenBSD mencakup sejumlah komponen perangkat lunak pihak ketiga, banyak dengan patch khusus OpenBSD, termasuk Server X.Org, Koleksi Kompiler GNU (yang berguna sebagai kompilator default), Perl, NSD, Unbound, Ncurses, GNU Binutils, GNU Debugger dan Awk.

OpenBSD digunakan untuk menyertakan fork Apache 1.3, yang kemudian digantikan oleh Nginx. Dalam rilis 5.6, Nginx diganti dengan httpd, sebuah server HTTP dengan FastCGI dan Transport Layer Security support. Pada bulan Mei 2016, Apache dan Nginx masih tersedia sebagai port.