Seputar Tekno

Kegunaan Repeater pada Jaringan Komputer

Repeater merupakan perangkat wajib yang harus ada, terutama untuk gedung-gedung tinggi seperti kantor, perusahaan, gudang, dan lain sebagainya. Kenapa demikian? Karena repeater merupakan suatu perangkat yang berguna untuk mengatasi masalah keterbatasan jarak dan kualitas sinyal di segmen jaringan komputer. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberitahukan kegunaan repeater pada jaringan komputer secara jelas dan lengkap.

Apa itu Repeater?
Di bidang telekomunikasi, repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mentransmisikan ulang. Repeater digunakan untuk memperpanjang transmisi sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh atau diterima di sisi lain dari penyumbatan. Salah satu jenis hardware jaringan komputer ini akan menyiarkan sinyal yang sama, namun mengubah metode transmisinya, misalnya pada frekuensi atau baud rate yang lain.

Ada beberapa jenis repeater yang berbeda, yaitu repeater telepon sebagai penguat di saluran telepon, repeater optik sebagai sirkuit optoelektronik yang memperkuat sinar pada kabel serat optik dan repater radio adalah penerima radio dan pemancar yang mentransmisikan kembali sinyal radio. Sementara itu, broadcast relay station adalah repeater yang digunakan di radio siaran dan televisi.

Cara Kerja Repeater
Repeater bekerja dengan cara memperluas jangkauan jaringan WiFi. Hal ini dilakukan dengan menerima sinyal data dan kemudian ditransmisikan lagi. Sebelum dipancarkan ulang, sinyal yang telah dimasukkan ke pengulang diperkuat terlebih dahulu.

Pada umumnya, repeater memiliki dua jenis komponen di dalamnya. Komponen pertama berguna untuk menerima data sinyal dari pemancar. Sedangkan komponen kedua berguna untuk mentransmisikan ulang data sinyal. Tapi sebelum sinyal data dipancarkan ulang, hardware pada repeater ini akan melakukan konversi frekuensi sehingga sinyal data yang dipancarkan menjadi lebih kuat. Dengan begitu, sinyal akan menjadi lebih kuat dan jangkauannya akan lebih lebar.

Dalam pengolahan sinyal data yang masuk, repeater memiliki dua sistem yang umum digunakan. Sistemnya adalah repeater analog dan digital repeater. Pada repeater analog, sinyal data ditransmisikan dalam bentuk data analog dimana konsumsi tenaga listrik berbanding lurus dengan besarnya sinyal yang ditransmisikan. Sedangkan repeater digital mengirimkan sinyal data dalam bentuk digital. Data digital dikirim dalam bentuk biner, ditunjukkan oleh angka 1 dan 0. Sebagai tambahan, repeater digital juga melakukan proses tambahan pada data sinyal yang diproses.Kegunaan Repeater pada Jaringan Komputer
Repeater mempunyai banyak fungsi, selain memperluas jangkauan sinyal, repeater juga memberikan kenyamanan bagi Sobat yang bekerja di gedung perkantoran tinggi. Di masa lalu, sebelum ada repeater saat sinyal kantor lantai atas lemah, sangat sulit untuk bekerja dan menurunkan produktivitas Anda.

Apalagi dalam skala besar bisa membuat kantor perusahaan bangkrut karena karyawannya tidak produktif karena kesulitan sinyal. Berikut adalah beberapa fungsi pengulang dalam jaringan:

1. Memperluas jangkauan sinyal server
Kegunaan pertama dari repeater adalah memperluas jangkauan sinyal server. Kalau sinyal lemah, rentang daya akan lebih sempit, sedangkan bila sinyal kuat maka jangkauannya akan lebih lebar. Oleh karena itulah, banyak orang membeli repeater untuk ini karena jarak yang terbatas dari pemancar nirkabel atau WiFi. Repeater jarang digunakan oleh restoran atau kafe, karena penggunaan wi-fi di restoran dalam skala kecil dan tidak terlalu penting.

Tapi tidak seperti halnya dengan bangunan besar, perkantoran, perusahaan, dan sebagainya. Produktivitas mereka bergantung pada sinyal pemancar karena semua data ditransmisikan oleh sinyal. Jika sinyal terganggu maka produktivitas karyawan juga akan berkurang, oleh karena itu penggunaan wi-fi pada bangunan besar dapat dikategorikan dalam penggunaan berskala besar. Jadi saat penggunaan wi-fi dalam skala besar itu berarti mereka membutuhkan alat yang meluas jangkauan area sinyal yang disebut repeater.

2. Mengcover berbagai area dengan sinyal mini dari server
Dengan menggunakan repeater, area dengan sinyal minim bisa lebih mudah mendapatkan sinyal. Yang awalnya berupa sinyal lemah, maka akan dibuat lebih kuat dengan alat ini.

3. Kemudahan akses sinyal WiFi
Dengan sinyal yang lebih kuat tentunya pengguna perangkat yang membutuhkan sinyal bisa lebih mudah mengakses sinyal. Salah satu aplikasi alat ini adalah sinyal WiFi.

4. Meneruskan dan memaksimalkan sinyal
Kegunaan keempat adalah meneruskan dan memaksimalkan sinyal. Repeater bekerja dengan cara menangkap, mengatur, memperbesar, dan meneruskan sinyal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar alat ini.

5. Memfasilitasi proses pengiriman dan penerimaan data
Berkat sinyal yang lebih kuat, secara otomatis proses pengiriman dan penerimaan data antar pengguna perangkat jaringan atau melalui jaringan bisa dilakukan lebih cepat. Hal ini bisa disamakan saat mobil melaju di jalan tol (saat menggunakan repeater).

6. Hemat Biaya
Repeater akan sangat membantu Anda sebagai wirausahawan yang memiliki bangunan besar dalam bidang keuangan. Apakah Anda percaya jika repeater dapat menghubungkan dua bangunan yang berdekatan? Ya, nyatanya repeater dapat menghubungkan dua bangunan yang berdekatan, dengan kemampuan untuk memperluas jangkauan area sinyal.

Jika ada sinyal maka secara tidak langsung Anda bisa berkomunikasi dan tidak harus turun melalui lift dan berjalan ke gedung sebelah bukan? Bayangkan dua bangunan perusahaan hanya menggunakan satu pemancar saja, tentu saja biaya perusahaan Anda akan lebih kecil dengan bantuan repeater. Apalagi biaya pemancar sinyal untuk kantor sekarang harganya cukup murah, tentunya akan sangat menghemat pengeluaran perusahaan Anda bukan?