Berita

Kakao Pun Membeli Path

Aksi jual beli, caplok-caplok, akuisisi, merger dalam dunia online memang sudah sangat sering terjadi (lihat berita lama tentang akuisisi Tokobagus & Berniaga oleh OLX). Berita terbaru adalah pembelian Path & Path Talk oleh Daum Kakao, perusahaan yang membawahi Kakao Talk. Menurut analisa yang dilansir dari beberapa pakar, akuisisi oleh Daum Kakao ini menandai langkah paling berani perusahaan tersebut untuk melakukan ekspansi di luar pasar negaranya.

Kakao Pun Membeli Path

KakaoTalk memiliki ambisi untuk mengalahkan perusahaan sejenis seperti WhatsApp dan Viber. Meski Path tidak menuai kesuksesan di Amerika Serikat (negri asalnya), nyatanya PATH cukup populer di Amerika Latin dan Asia Tenggara, lebih-lebih Indonesia.

Kakao + Path VS …
Sebetulnya, musuh utama dari KakaoTalk yang menjadi nomer satu di negara asalnya Korea Selatan bukanlah WhatsApp, melainkan LINE dan WeChat. Rencananya KakaoTalk akan serius menggarap pasar Indonesia setelah akuisisi ini dan meneruskannya ke negara Asia tenggara yang lain seperti Malaysia, Philipina dan seterusnya.

Apakah aksi ini akan menuai sukses? Kita tunggu saja karena sentimen positif sudah muncul oleh pasar yang merespon hingga Saham Daum Kakao yang sempat naik 13% setelah pengumuman akuisisi Path.