Berita

Jaringan Nirkabel Li-Fi, Siap Gantikan Wi-Fi di Masa Depan

Siapa yang tidak pernah menggunakan Wi-Fi? Hampir semua orang di masa kini menggunakan layanan tersebut untuk berinternet. Namun, ada beberapa Wi-Fi yang tidak semuanya memiliki kecepatan tinggi untuk mengakses internet. Padahal, kebutuhan internet mengalamai peningkatan pesat yang pasti membutuhkan koneksi yang lebih cepat.

Jaringan Nirkabel Li-Fi, Siap Gantikan Wi-Fi di Masa Depan

Oleh karena itu, teknologi canggih era terbaru yang sebentar lagi siap di uji coba dan katanya akan mempunyai koneksi internet 100 x lebih cepat dibandingkan Wi-Fi. Teknologi itu dinamakan Li-Fi.

Li-Fi merupakan singkatan dari Light Fidelity, yakni sebuah jaringan nirkabel untuk sistem komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Teknologi ini tidak lagi memakai frekuensi radio seperti Wi-Fi. Li-Fi membutuhkan sumber cahaya seperti LED Standar, koneksi internet, dan detektor foto. Jadi, semakin besar cahaya yang dihasilkan maka semakin cepat pula konektivitas Li-Fi dijalankan.

Li-Fi memiliki kecepatan data berkali-kali lipat dibandungkan dengan Wi-Fi. Bahkan saat di uji coba oleh start up Velmenni, teknologi ini mampu menunjukkan kecepatan hingga 224 Gbps. Hal ini disebabkan karena jenis LED yang digunakan merupakan semikonduktor membuat LED mampu untuk beralih on dan off dalam beberapa nanodetik atau miliar detik. Nano detik ini jika dikonversikan dalam kecepatan data setara dengan 1 Gbits/s.

Kelebihan dari Li-Fi sendiri adalah signal tidak akan merusak signal radio jadi sangat aman saat di pakai dalam pesawat terbang. Apalagi teknologi ini memudahkan siapa saja untuk mengakses internet dimana pun bahkan di wilayah terpencil sekalipun yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik. Namun sayangnya, Li-Fi belum bisa dipakai oleh publik. Dikabarkan baru akan di rilis antara 3 sampai 4 tahun ke depan.