BeritaReview

Intip Penampakan BlackBerry “DTEK50” Neon

Dalam rangka mengikuti perkembangan pasar, BlackBerry ikut menggarap smartphone berbasis Android. Perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut tengah mempersiapkan tiga jenis smartphone terbaru yang diberi nama seri Neon, Argon, dan Mercury. Salah satu di antaranya mulai beredar di dunia maya beberapa pekan terakhir, yaitu BlackBerry Neon yang diberi nama “DTEK50”. Untuk segmen pasarnya, BlackBerry sepertinya menggunakan DTEK50 untuk membidik pengguna Android kelas menengah.

Intip Penampakan BlackBerry “DTEK50” Neon

BlackBerry DTEK50 disebut-sebut merupakan hasil modifikasi dari Alcatel Idol 4 sehingga mengusung spesifikasi yang kurang lebih sama. BlackBerry memang menggandeng Alcatel sebagai mitra bisnis untuk tetap eksis di pasar smartphone. Meski demikian, BlackBerry tetap memasukkan software dan fitur-fitur yang menjadi ciri khasnya. Secara fisik, tidak ada lagi kesan “hape BB” karena desainnya dikemas tipis dengan layar sentuh. Para pelanggan pun berkesempatan menikmati berbagai aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store.

BlackBerry DTEK50 juga diklaim sebagai smartphone Android teraman di dunia saat ini. Peningkatan cyber crime menyadarkan BlackBerry bahwa perlu dilakukan peningkatan security untuk melindungi para pelanggan. Fitur yang menjamin sistem keamanan DTEK50 antara lain Rapid Security Patching yang menjamin BlackBerry mampu memberikan akses tercepat untuk menutupi celah keamanan. DTEK50 melakukan enkripsi terhadap seluruh informasi terkait pengguna smartphone, termasuk data bisnis dan data pribadi, dengan fitur IPS 140-2 Compliant Full Disk Encryption.

DTEK50 juga memiliki perlindungan maksimal terhadap serangan malware melalui kemampuan back up, wipe, dan restore data. Tak hanya itu, aplikasi yang dimiliki DTEK50 mampu memberi tahu pengguna smartphone saat perangkat digunakan orang lain tanpa sepengetahuan user. Ada lagi fitur Android OS Hardening yang akan menyulitkan para hacker untuk menyerang perangkat.

Menurut informasi yang beredar, BlackBerry DTEK50 akan diperkenalkan secara resmi ke pasar pada tanggal 20 Agustus 2016 mendatang. Ponsel pintar ini akan dijual di kisaran harga USD 300 atau sekitar Rp 4 Jutaan. Saat ini, pre-order sudah dibuka di sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Belanda, Inggris, Italia, Jerman, Perancis, dan Spanyol. Belum ada kabar lebih lanjut mengenai Indonesia.

Berikut ini adalah spesifikasi dari Blackberry DTEK 50 :
– Dimensi berukuran 147 x 72.5 x 7.4 mm dengan bobot 135 gram
– Bentang layar Full HD seluas 5.2 inch dengan resolusi 1920 x 1080 piksel
– Sistem operasi menggunakan Android 6.0 Marshmallow
– Prosesor Octa Core 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 617
– Pengolah grafis GPU Adreno 405
– Memori RAM 3 GB
– Memori internal sebesar 16 GB dengan microSD hingga 2 TB
– Kamera belakang 13 MP dengan fitur phase detect autofocus, dual LED flash, HDR, dan image stabilization
– Kamera depan 8 MP dengan fitur fixed-focus, selfie flash, dan image stabilization
– Koneksi internet 4G LTE
– Koneksi nirkabel Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, dan NFC
– Port microUSB 2.0
– Sensor yang meliputi accelerometer, gyroscope, proximity, ambient light, hall effect, dan magnetometer
– Baterai non-removeable berkapasitas 2610 mAh dengan fitur Quick Charge 2.0

Kita nantikan saja kehadiran BlackBerry Neon di Indonesia secepatnya.