Berita

Ini Dia Penjelasan Resmi Mengapa Samsung Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Akhirnya terungkap sudah misteri seringnya Samsung Galaxy Note 7 terbakar atau meledak yang sempat booming beberapa waktu lalu. Perusahaan raksasa asal Korea Selatan tersebut resmi mengumumkan penyebab Galaxy Note 7 mudah meledak atau terbakar. Menurut hasil penyelidikan Samsung, sumber masalah berasal dari dua hal berbeda di dua baterai rancangannya.

Ini Dia Penjelasan Resmi Mengapa Samsung Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Seperti yang kita ketahui, kasus baterai terbakar Galaxy Note 7 banyak bermunculan di berbagai negara setelah resmi dirilis. Samsung pun mengupayakan tanggung jawab yang besar untuk melakukan recall kepada para pembeli dan merilis unit pengganti dengan desain baterai yang baru. Tetapi, baterai itu pun tetap bermasalah.

Laman Samsung Inggris sempat memberikan penjelasan singkat mengenai hal itu, dimana ia menyebutkan bahwa penyebab murni kerusakan akibat terbakar merupakan masalah pada baterai, bukan pada ponsel. Setelah itu, Samsung membuka konferensi pers terbuka sebagai permintaan maaf. DJ Koh, Samsung Electronics Mobile Chef terlihat tulus saat meminta maaf di hadapan para jurnalis. Menurut DJ Koh, baterai yang dirilis di Galaxy Note 7 pertama memiliki kelemahan desain di pojok kanan atas yang bisa menimbulkan korsleting.

Selain itu, casing eksternal juga dinilai terlalu kecil sehingga elektroda baterai yang ada di dalamnya menjadi bengkok dan posisi ujung elektroda negatif menekan pojok kanan atas casing baterai. Sedangkan baterai pengganti jenis kedua memilih masalah dalam proses manufakturnya, yakni tidak sempurna dalam proses pengelasannya sehingga bagian yang tidak dilas secara sempurna ini mudah menimbulkan korsleting di komponen baterai. Hal itu terjadi karena pabrikan baterai terlalu terburu-buru memproduksi baterai demi memenuhi tuntutan kebutuhan. Tetapi karena semakin banyak keluhan dari konsumen dan Samsung juga memikirkan keselamatan sebagai prioritas tertinggi, Samsung pun terpaksa menghentikan penjualan dan produksi Galaxy Note 7.