Berita

Ini Dia 40 Smartphone Xiaomi yang Kebagian MIUI 9

Xiaomi baru saja mengkonfirmasi 40 perangkatnya yang kebagian update MIUI 9. Konfirmasi tersebut disampaikan langsung oleh Xiaomi melalui akun social media resminya di Weibo. Sementara itu, MIUI 9 hanya tersedia dalam versi ROM China yang kemudian mengikuti versi global November tahun lalu.

Pembaruannya hadir berdasarkan sistem operasi Android 7 Nougat, namun ada juga yang berbasis Android Marshmallow untuk perangkat tertentu yang sudah berumur. Beberapa smartphone lama yang masih mendapat update MIUI 9, seperti Mi 2 yang rilis pada 2012 dan Mi 3, Mi 2S, dan Redmi 2A yang diluncurkan pada 2013. Meski ada beberapa perangkat yang tidak mendapat update, setidaknya Xiaomi telah bekerja keras agar update ini tersedia di berbagai perangkat baik baru maupun lama.

Sebelum tau daftarnya, kita perlu mengulas balik mengenai MIUI 9. User Interface ini sendiri merupakan software antarmuka yang memiliki berbagai fitur unggulan, seperti split-screen, smart assistant, smart app launcher dan search image menggunakan kata kunci. Berikut ini penjelasan mengenai fitur-fitur tercanggih di MIUI 9:

1. Optimalisasi Sumber Daya Sistem (Anti Lag)
Fokus utama Xiaomi pada MIUI 9 adalah meningkatkan kecepatan, daya tanggap, dan kinerja dengan cara membenamkan fitur pembelajaran mesin melalui optimalisasi sumber daya sistem. Alokasi sumber daya dinamis itu akan memprioritaskan beberapa aplikasi yang membutuhkan lebih banyak tenaga. Untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar, maka Anda tidak akan lagi merasa lag atau lamban.

2. Asisten Pintar
Fitur MIUI 9 terbaru adalah Smart Assistant. Fitur yang mirip dengan Bixby milik Samsung ini dapat membantu Anda menemukan sesuatu di smartphone. Anda dapat mengatur semua informasi penting pada satu tab yang mudah diakses. Asisten Pintar akan selalu mencoba menunjukkan informasi apa pun yang mungkin Anda butuhkan dengan cerdas.

3. Pencarian Universal
Fitur baru berikutnya MIUI 9 adalah “Universal Search” yang memungkinkan Anda melihat semua data pada ponsel cerdas Anda. Termasuk foto, dokumen, acara, kontak, dan lainnya.

4. Smart App Launcher
Fungsi fitur baru ini mirip dengan Google Now on Tap dan Smart Text Selection di Android Oreo. Smart App Launcher akan menganalisa isi layar smartphone dan akan memberikan informasi yang sesuai kepada pengguna. Jadi misalnya jika ada nomor telepon, Smart App Launcher akan menampilkan pilihan telepon call. Sementara jika ada alamat di layar, yang akan ditampilkan adalah aplikasi peta. Jadi lebih mudah daripada paste copy-paste.

5. Split-screen Multitasking
Akhirnya, pengguna smartphone Xiaomi dengan MIUI 9 bisa membuka dua aplikasi sekaligus. Fitur multi window ini tentu sangat berguna dan maksimal pada smartphone dengan layar besar.

Setelah tahu fitur-fitur terbaik MIUI 9, berikut ini perangkat-perangkat Xiaomi yang kebagian antarmuka ini:
Mi A1
Mi Note
Mi Note 3
Mi 6
Mi Pad 3
Mi Pad 7.9
Mi 5c
Mi MIX
Mi MIX 2
Mi Max
Mi Max 2
Mi 5s Plus
Mi Note 2
Mi Pad 2
Mi 2
Mi 2s
Mi 4
Mi 4c
Mi 4s
Mi 5
Mi 5s
Redmi 3x
Redmi 3s
Redmi 3
Redmi 4A
Redmi 4 Prime
Redmi 5 Plus
Redmi 5A
Redmi 5
Redmi Y1
Redmi 4
Redmi Pro
Redmi 2A
Redmi 2
Redmi 1s
Redmi Note
Redmi Note 4X
Redmi Note 4
Redmi Note 3
Redmi Note 2