BeritaReview

Ini Bocoran Xiaomi Mi Notebook yang Setara Macbook!

Bertepatan dengan tanggal 27 Juli 2016, Xiaomi berencana merilis Mi Notebook. Perangkat yang dimaksud merupakan laptop pertama yang dikeluarkan vendor asal Tiongkok tersebut. Kurang lebih satu tahun terakhir, Xiaomi Mi Notebook terus menjadi bahan perbincangan. Bahkan, jejaring sosial Cina yang bernama Weibo telah mengunggah foto terbaru dari Xiaomi Mi Notebook di lamannya.

Ini Bocoran Xiaomi Mi Notebook yang Setara Macbook!

Lantas, bagaimana sebenarnya spesifikasi laptop yang dikabarkan setara dengan Macbook besutan Apple itu?
Bodi ramping dan tipis rupanya menjadi kelebihan tersendiri yang kerap disandingkan dengan Macbook. Bodi tersebut dibalut material berbahan metal sehingga soal ketahanan fisik tidak perlu diragukan. Salah satu fitur yang dimiliki adalah port USB Type C dan port USB 3.0 yang dapat digunakan untuk koneksi daya dan transfer data. Sistem operasi yang dijalankan sudah menggunakan Windows 10. Xiaomi Mo Notebook rencananya rilis dalam dua varian atau seri dengan rentang harga yang berbeda.

Seri yang pertama akan mengusung layar berukuran 11 inch, namun kabarnya tidak didukung oleh fitur touch screen. Spesifikasi intinya dibekali prosesor Intel Core i5-6200U yang dipadukan pengolah grafis Nvidia GPU Intel HD 520. Untuk kapasitas penyimpanan, seri pertama ini menggunakan memori RAM DDR4 sebesar 8 GB dan memori internal SSD hingga 256 GB.

Sementara itu, seri yang kedua akan punya bentang layar seluas 13 inch yang juga tidak dilengkapi fitur layar sentuh. Dapur pacunya ditenagai prosesor Intel Skylake Core i7-6700HQ dan pengolah grafis Nvidia GTX 970M 4G DDR5. Selain itu, seri kedua juga memiliki memori RAM DDR4 sebesar 16 GB dan ruang penyimpanan SSD hingga 512 GB. Semakin tangguh, pengolah grafis pada seri kedua ini disebut-sebut mampu dijalankan secara smooth untuk bermain game-game keluaran tahun 2015.

Dari segi harga, seri kedua dibanderol lebih mahal daripada seri pertama. Hal tersebut wajar jika mengingat spesifikasi seri kedua lebih canggih bila dibandingkan seri pertama. Menurut bocoran yang beredar, seri pertama akan dihargai ¥ 3999 atau sekitar Rp 7,9 Juta. Sedangkan untuk seri kedua akan dihargai ¥ 6699 atau sekitar Rp 13 Juta. Dan seri kedua inilah yang dikabarkan hampir setara dengan Macbook keluaran Apple.

Masih menurut kabar yang beredar, Xiaomi Mi Notebook ini sering disamakan dengan varian lain, seperti Apple Macbook Pro, Asus ROG, dan Lenovo Yoga 700-14, yang seluruhnya menggunakan prosesor Intel Core i7. Pada sektor smartphone, Xiaomi dikenal sebagai vendor dengan produk harga terjangkau. Oleh karena itu jika dibandingkan dengan laptop sejenis, Xiami Mi Notebook tampaknya unggul dalam segi harga. Maka wajar saja apabila kehadirannya terus dinantikan publik.