Tips & Trik

Hindari Melakukan Hal-Hal Ini Ketika Charge Ponsel

Setiap yang memiliki ponsel pastinya tidak terlepas dengan yang namanya charger. Saat ponsel sedang di-charger, hal tersebut dapat menjadi momen yang membuat Anda tidak leluasa menggunakan ponsel bukan? Sehingga Anda tetap menggunakan ponsel sekalipun ponsel tersebut sedang di charger. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan, untuk itu Anda harus hindari melakukan hal-hal ini ketika charger ponsel, karena dapat membahayakan Anda dan juga memperngaruhi kinerja ponsel yang Anda gunakan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang pentingnya sebuah baterai ponsel
– Hal-hal yang harus dihindari ketika charger ponsel

Baterai merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah ponsel karena baterai merupakan sumber daya untuk menghidupkan ponsel. Namun terkadang ada beberapa hal yang tidak diketahui pengguna dalam pengisian baterai ponsel mereka yang dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Kebiasaan Anda selama ini nge-charge ponsel tanpa disadari bisa jadi salah satu penyebab ponsel dan baterai cepat rusak. Maka dari itu hindari melakukan hal-hal ini ketika charger ponsel yang perlu Anda ketahui:

Jangan menunggu hingga baterai 0%
Ponsel modern saat ini menggunakan baterai lithium-ion, yang cara perawatannya berbeda dengan baterai bahan nikel. Karena untuk baterai berbahan nikel, biasanya ponsel dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum di-charge lagi. Pengguna ponsel harus menjaga agar daya yang tersimpan di dalam baterai jenis lithium-ion tetap di atas 50 persen atau minimal 20 persen. Jadi seharusnya ketika baterai sudah 20%, usahakan jangan dipakai lagi dan segera cari stop kontak terdekat untuk mengisi daya baterai tersebut.

Jangan charger ponsel menggunakan charger bajakan
Kebiasaan men-charger ponsel menggunakan charger bajakan tidak dapat menjamin ponsel dan baterai Anda tetap aman. Karena biasanya charger bajakan memiliki kualitas yang masih dipertanyakan, hasil output dari charger bajakan juga biasanya tidak sesuai dengan apa yang tertulis di depannya. Agar tidak salah pilih saat membeli charger, penting untuk Anda mengetahui tips membedakan charger asli atau palsu pada artikel yang pernah kami bahas sebelumnya.

Jangan charge di atas kasur atau tempat yang empuk
Buat yang sering nge-charge sambil ditinggal tidur, biasanya ponsel diletakkan di atas kasur. Padahal, selain tidak bagus karena menghantarkan radiasi ke tubuh, meletakkan ponsel yang di-charger di atas kasur tidak baik untuk tingkat suhu ponsel itu sendiri. Dengan menempatkannya di kasur, panas ponsel Anda diserap dan menambahkan tingkat panas yang juga membuat ponsel Anda tetap panas saat bertugas. Usahakan untuk meletakkan ponsel di atas meja atau lemari agar panasnya bisa menyebar dan tidak menempel di ponsel Anda saja.

Jangan memainkan ponsel atau teleponan saat charger
Memainkan ponsel sambil di-charger adalah hal yang paling sulit untuk dihindari. Padahal tetap memainkan ponsel atau bahkan sambil teleponan sambil di-charger, hal ini dapat membahayakan Anda. Ingat, sudah banyak kasus ponsel terbakar karena mamainkan ponsel atau teleponan sambil nge-charger. Pasalnya, panas ponsel karena dimainkan dan juga panas dari listrik yang dapat memicu ponsel terbakar.

Jangan membiarkan silikon tetap terpasang
Hal ini sama seperti meletakkan ponsel di atas kasur saat di-charger, membiarkan silikon (casing karet) tetap terpasang di ponsel selama pengisian daya juga bukan hal yang baik untuk ponsel Anda karena dapat mengepung panas dari daya ponsel dan aliran listrik tersebut.

Jangan mengisi baterai semalaman
Dikutip dari Kompas.com, kebiasaan orang bermain ponsel hingga larut malam, lalu tidur sambil mengisi daya ponsel sehingga saat bangun pagi ponsel bisa digunakan kembali. Jika daya sudah penuh tetapi masih Anda colokkan ke stop kontak, bukan tidak mungkin radiasi panas terserap secara berlebihan di ponsel dan membuat ponsel Anda panas dan merusak kinerjanya di dalamnya. Jadi, coba isi sesuai kebutuhan. Jika sudah penuh, segera tarik. Usahakan untuk tidak charger ponsel sambil ditinggal tidur.

Mencabutnya sebelum penuh
Ini adalah kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Entah karena terburu-buru karena Anda ingin pergi atau karena Anda ingin terus bermain game lagi. Kebiasaan ini dapat membuat kinerja ponsel Anda menurun dan membuat baterai mudah bocor. Disarankan untuk tunggulah hingga proses charger selesai. Handphone atau baterai yang cepat rusak bukan hanya karena kualitas ponselnya sendiri. Akan tetapi bisa juga karena kebiasaan Anda dalam memperlakukan ponsel tersebut.

Sebenarnya, meskipun pengguna telah merawat baterai dengan baik tetap saja setiap tahunnya ketahanan baterai tersebut akan berkurang karena memang baterai memiliki masa pakainya masing-masing. Akan tetapi, jika Anda menghindari melakukan hal-hal yang telah kami uraikan di atas saat charger ponsel setidaknya hal tersebut dapat membantu mamanjangkan umur baterai dan juga menjaga kinerja ponsel Anda tetap terjaga baik. Semoga bermanfaat.