Berita

Google Resmi Tinggalkan Blogspot dan Migrasi ke GoogleBlog

Baru saja Google mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan seluruh blog milik mereka dari domain blogspot.com ke googleblog.com. Kenapa mereka mau repot-repot melakukan hal tersebut? Jawabannya, demi membantu pengguna untuk lebih mudah mengenali blog resmi Google. Hal tersebut cukup penting dan krusial, sebab, selama ini ada banyak blog-blog non-ofisial yang tampak menyerupai blog resmi milik Google. Memang, domain yang baru tampak lebih baik ketimbang domain yang lama dalam mencerminkan bahwa sebuah blog dikelola dan dioperasikan langsung oleh Google.

Google Resmi Tinggalkan Blogspot dan Migrasi ke GoogleBlog

John Mueller, seorang analis Google Webmaster Trends, mengumumkan bahwa Google memindahkan seluruh blog resmi mereka dari domain blogspot.com ke googleblog.com hari Selasa, 8 Maret 2016, kemarin. Perubahan itu berlaku untuk setiap blog resmi Google. Pengunjung yang mencoba mengakses URL yang lama kini akan dialihkan ke URL baru.

Akan tetapi, RSS feed Google saat ini masih belum mengalami pemindahan alamat. John Mueller mengatakan lebih lanjut bahwa Google saat ini tengah bekerja untuk memindahkan RSS feed mereka ke domain baru. Untuk sementara waktu, para pengguna direkomendasikan untuk memperbarui RSS feed sendiri, karena RSS feed dengan URL lama saat ini belum dapat mengalihkan pengunjung ke URL baru secara otomatis.

Migrasi besar-besaran ini dimulai dari pengembangan Google Webmaster Blog, yang kini bisa diakses di webmasters.googleblog.com. Sementara URL yang lama, googlewebmastercentral.blogspot.com, telah diatur untuk melakukan 301 redirect ke webmasters.googleblog.com.

John Mueller menambahkan, karena alamat-alamat lama akan diatur agar melakukan pengalihan secara otomatis ke domain baru, pengguna tidak perlu mengkhawatirkan bookmark dan link lama. Akan tetapi, URL komentar tidak akan ter-redirect, sehingga pengguna harus melakukan resubscribe terhadap URL komentar secara manual.

Bagaimana dengan blog dan situs milik pengguna yang berbasis di blogspot? Tidak ada masalah, sebab perubahan URL ini hanya dilakukan terhadap blog-blog resmi milik Google. Blog dan situs Anda tidak akan diusik. Jadi, selama Anda bukan salah satu pengelola blog resmi Google, tidak perlu khawatir.