Berita

Google Hapus UC Browser dari Play Store, Kenapa?

Seperti yang telah diketahui, pilihan browser untuk smartphone Android kini semakin beragam, salah satunya adalah UC Browser. Tetapi baru-baru ini muncul berita yang cukup mengejutkan, dimana aplikasi UC Browser saat ini raib dari Play Store. Ternyata Google memang sengaja menghapus browser milik raksasa e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, ini dikarenakan ada beberapa hal yang kurang dipenuhi oleh browser tersebut.

Di kesempatan sebelumnya, kami telah memberitahukan bagaimana cara mudah download video di UC Browser, yang mana UC Browser menjadi salah satu browser mobile paling populer untuk masyarakat Indonesia. Semakin hari, semakin bertambah jumlah penggunanya karena UC Browser mampu menghadirkan pengalaman browsing dan juga terbilang cepat dalam hal loading halaman.

Namun sayangnya, saat ini Sobat tidak bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store karena sudah tidak ada lagi. Menurut laporan dari Indian Express, pihak UB Browser juga sudah membenarkan kabar bahwa produk mereka memang dihapus dari Play Store terhitung sejak tanggal 13 November lalu. Untungnya, Anda masih bisa menemukan versi ringannya yaitu UC Browser Mini. Perusahaan juga mengatakan bahwa alasan dihapusnya UC Browser karena pengaturan tertentu di aplikasi ini tidak sesuai dengan kebijakan Google. Mereka juga sudah melangsungkan investigasi internal dan segera memperbaiki masalah itu.

Bukan hanya itu, pihak UC Browser telah mendaftarkan versi baru dari UC Browser untuk dievaluasi lagi oleh Google. Pihak perusahaan juga terus mengupayakan kerja sama dengan Google secara aktif untuk mengatasi eror yang menurut perusahaan tak disengaja ini. Belum terlalu jelas pula alasan kenapa browser tersebut dihilangkan dari Play Store, tapi menurut laporan Android Central, Google menghapus UC Browser dari Play Store karena kemungkinan ada metode dalam frame yang meningkatkan jumlah instal.

Mike Ross, pengguna Twitter yang mengaku bekerja di UC Browser, mengatakan jika dihapusnya aplikasi ini dari toko ‘jualan’ Android tersebut karena metode promosi yang tidak sehat demi meningkatkan jumlah instalasi. Tapi pihak UC Browser membantah semua tuduhan yang menganggap mereka melakukan kecurangan.

Peramban mobile UC Browser hilang secara tiba-tiba di Google Play Store diketahui pertama kali oleh seorang netizen yang memposting sesuatu di platform Reddit. Pengguna ini berpendapat bahwa hilangnya UC Browser dari Play Store dikarenakan ia sempat dilaporan mencuri data sensitif para penggunanya secara diam-diam. Data ini kemudian diklaim dan dikirim tanpa persetujuan pengguna ke server terpencil di China.

Bahkan, di India pun, UC Browser berada di bawah pengawasan pemerintah yang ketat dan terancam dicekal. Selain itu, laporan negatif terkait UC Browser juga berasal dari Kanada. Negara ini mengklaim jika pengguna UC Browser versi bahasa Inggris dan Chine mudah dilacak lokasi, nomor telepon pengguna, dan detail pencarian di internet.